in ,

Ini 7 Obat Herbal Dalam Pengobatan Tradisional Islam _*

OBAT herbal telah dikenal dalam pengobatan tradisional muslim sejak lama. Islam memang merekomendasikan pengobatan alami untuk banyak penyakit.

Berikut 7 obat herbal (alami) untuk atasi berbagai penyakit sebagaimana yang dianjurkan dalam litelatur Islam:

1 Obat untuk Dahak

Salah satu gejala flu biasa adalah sensasi dahak dan iritasi. Ini menjijikkan dan, ya, benar-benar menjengkelkan. Bagaimana mengobatinya?

Ambil bagian yang sama dari bahan-bahan berikut ini:

  • Damar wangi (‘sejenis rumi)
  • Kemenyan (al-kundur)
  • Timi Liar (Za’tar)
  • Gulma Uskup (al-nankhwah)
  • Bunga Adas (al-shuniz)

Giling masing-masing secara terpisah menjadi bubuk halus. Kemudian saring, satukan, dan tumbuk sampai tercampur rata. Tambahkan madu ke dalam campuran tersebut dan minumlah setara dengan kemiri setiap hari dan malam hari sebelum tidur.

BACA JUGA: Obat Herbal dari Dunia Islam, Apa saja?

Jika Anda lebih suka obat yang lebih mudah disiapkan, cobalah resep berikut yang hanya terdiri dari tiga bahan alami. Imam Ali bin Musa Al-Rida merekomendasikan bahan-bahan berikut untuk dahak:

  • Satu mithqal (4,25 gram) Myrobalan Kuning (ihlilaj asfar)
  • Dua mitsqal (8,50 gram) Mustard (khardal)
  • Satu mithqal (4,25 gram) Pyrethrum (‘aqir qarha)

Giling menjadi bubuk halus. Sikat gigi Anda dengan bahan  itu saat perut kosong. Ini akan membersihkan dahak, membuat nafas harum, dan menguatkan gigi, insya Allah.

Setelah Anda selesai menggabungkan semua bahan ini, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada dahak Anda!

2 Obat Untuk Sakit Telinga

Sayangnya bagi kita, kita cukup rentan terhadap sakit telinga. Ini bisa sangat melelahkan, tetapi beruntung bagi  Anda, yang Anda butuhkan hanyalah dua bahan sederhana untuk menghilangkan rasa sakit Anda.

Ambil beberapa hal berikut:

  • wijen tanpa kulit ( simsim ghayr muqashshar )
  • Mustard (khardal)

Giling masing-masing secara terpisah, lalu campur menjadi satu dan ekstrak minyaknya. Tempatkan minyak dalam botol dan beri segel besi di atasnya. Kapan pun Anda membutuhkannya, teteskan dua tetes di telinga dan ikat dengan kapas selama tiga hari. Akan sembuh, insya Allah.

3 Obat Untuk Meredakan Demam

Musim flu sudah dekat dan setiap korban flu tahu rasa sakit dan kelelahan yang menyertai demam tinggi. Jika seseorang sampai terbaring di tempat tidur selama sekitar satu minggu, mereka pasti akan melakukan apa saja untuk membuat demamnya hilang, dan Anda juga tentu akan melakukannya.

Untuk meredakan demam tartian, ambil tiga sendok berikut:

Demam akan tumbang, insya Allah.

Untuk demam Quartana, makan yang berikut ini:

  • Manis Flummery (terbuat dari madu)
  • Banyak safron

Makanlah ramuan ini pada hari demam terjadi dan jangan makan apa pun pada hari itu.

BACA JUGA: Manfaat Pengobatan Thibbun Nabawi

4 Obat Untuk Gangguan Pencernaan

Mengikuti ujian sudah cukup membuat stres, apalagi saat Anda mengalami gangguan pencernaan.

Konsumsilah buah delima yang manis dan makanlah dengan ampasnya karena baik untuk perut dan akan menyembuhkan gangguan pencernaan dan mencerna makanan Anda.

Delima itu manis, sederhana — dan hanya sedikit asam.

5 Obat Untuk Kolik

Untuk semua ibu baru di luar sana, menjadi ibu itu sulit  bahkan ketika seikat kecil sukacita Anda adalah seorang bayi. Namun, bayi dengan kolik adalah ujian yang sangat menguji.

Obat herbal untuk kolik hanya berjarak satu gulir.

Untuk ibu, ketahui nasihat berikut:

“Mengkonsumsi buah ara baik untuk kolik, jadi makanlah.” (Imam Al-Ridha)

“Makan buah ara, karena bermanfaat untuk kolik.” (Imam Ali bin Abu Thalib)

6 Obat Untuk Wasir

Wasir, insya Allah dapat diatasi dengan resep ini.

Ambil bagian yang sama dari bahan berikut:

  • Myrobalan Hitam
  • Beleric Myrobalan
  • Emblic Myrobalan

Giling mereka dan saring melalui sutra.

Ambil Blue Almond dan rendam dalam air daun bawang selama tiga puluh hari sampai lunak dan larut. Tambahkan bahan-bahan sebelumnya ke yang terakhir dan uleni bersama-sama dengan kuat sampai tercampur. Bentuk menjadi pelet seperti miju-miju dan olesi tangan Anda dengan minyak violet, atau minyak bunga insang kuning atau minyak wijen agar tidak lengket. Kemudian, keringkan di tempat teduh. Jika musim panas ambil satu mitsqal (4,25 gram) dan jika musim dingin ambil dua mitsqal (8,50 gram). Juga, hindari ikan, cuka, dan kacang-kacangan.

BACA JUGA: Apa Hukum Berobat dengan Ramuan Herbal dalam Islam?

Meskipun pengobatan ini terdengar tidak biasa, pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Jadi pastikan Anda semua terbungkus dan mempertimbangkan beberapa bahan alami ini dalam membantu Anda untuk kesehatan yang lebih baik!

7 Pengobatan umum

Bahan alamai untuk pengobatan umum adalah Madu & Jintan Hitam. Rasulullah SAW bersabda, “Dalam jintan hitam (al-habba al-sawda) ada obat dari segala penyakit kecuali racun.”

Dikatakan: “Ya Rasulullah, apa racunnya?”

Beliau menjawab: “Kematian.” Kemudian beliau berkata: “Keduanya (madu dan jintan hitam) ini tidak rentan terhadap panas atau dingin, atau bahan-bahan alami, tetapi keduanya adalah penyembuh di mana pun mereka berada.”

Selain madu dan jintan hitam, Minyak Melati juga baik bagi pengobatan umum. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada yang lebih baik bagi tubuh selain al-raziqi .”

Ditanyakan: “Dan apakah al-raziqi itu ?”

Beliau menjawab: “Jasmine ( al-zanbaq ).”

Nah, itulah sekelumit bahan herbal sebagai pengobatan alami yang dianjurkan dalam Islam. []

SUMBER: THE MUSLIM VIBE | AL ISLAM

Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *