in ,

Ini Dia 11 Manfaat Membaca Al Quran Yang Perlu Diketahui _*

MANFAAT membaca Al Quran, Allah menurunkan Al Quran kepada Nabi Muhammad Saw untuk mengeluarkan umat manusia dari kegelapan dan kebodohan menuju cahaya Islam. Sehingga menjadi benar-benar umat yang baik dan terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. Diantara ciri khas atau keistimewaan yang dimiliki Al Quran adalah ia bisa memberi syafa’at pada hari kiamat pada orang-orang yang membacanya dan mengkajinya.

Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abi Umamah Al Bahimah, bahwa Rasulullah Saw bersabda, yang artinya, “Baca Al Quran, ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepadanya.” (HR Muslim)

Al Quran yang merupakan wahyu Allah Swt yang paling mulia, senantiasa telah memberikan banyak hikmah dan manfaat bagi kita yang ingin mempelajarinya. Karena kita sebagai hamba Allah Swt yang beriman hendaknya kita menunaikan kewajiban kita untuk membaca, mempelajari dan memaknai setiap ayat-ayat Al Quran. Karena dengan hal itu kita akan mendapatkan banyak manfaat yang diperoleh dari mempelajari kitab suci Al Quran.

Dikutip dari halaman Idn times yang ditulis oleh Nur Kholid, berikut beberapa manfaat dalam membaca Al Quran.

Manfaat Membaca Al Quran: Orang-orang yang Membaca Al Quran akan Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda dari Allah SWT

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Karena itulah kitab suci Al Quran begitu istimewa, dengan membaca satu huruf saja sudah bernilai pahala bagi orang yang membacanya. Jadi sebuah kerugian yang besar jika tidak mau membaca Al Quran. Dalam hadis lain juga dijelaskan bahwasannya orang yang membaca Al Quran akan mendapatkan pahala disepanjang malam.
“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad).

Manfaat Membaca Al Quran: Dengan Membaca Al Quran akan mendapatkan syafa’at di akhirat kelak

Salah satu amalan yang bisa memberikan syafa’at atau pertolongan di akhirat nanti adalah amalan membaca Al Quran. Al Quran yang kita baca di dunia akan datang dan memberikan syafa’at di akhirat kelak.

Sebagaimana mana Rasulullah SAW bersabda yang artinya

“Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya.” (HR. Muslim)

Al Quran memang banyak memberikan manfaat yang luar biasa baik di dunia maupun di akhirat. Maka bacalah walaupun hanya satu ayat agar kita semuanya mendapatkan pahala dan juga syafa’at di akhirat. Karena hanyalah amalan kita sendiri yang bisa menolong kita di akhirat kelak.

BACA JUGA : 10 Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari

Manfaat Membaca Al Quran: Orang yang rajin membaca Al-Qur’an diibaratkan seperti buah yang memiliki rasa dan bau yang enak

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, “Perumpamaan orang mu’min yang suka membaca Al-Qur’an ialah separti buah jeruk utrujah, baunya enak dan rasanya pun enak dan perumpamaan orang mu’min yang tidak suka membaca Al-Qur’an ialah separti buah kurma, tidak ada baunya, tetapi rasanya manis. Adapun perumpamaan orang munafik yang suka membaca Al-Qur’an ialah separti minyak harum, baunya enak sedang rasanya pahit dan perumpamaan orang munafik yang tidak suka membaca Al-Qur’an ialah separti rumput hanzhalah, tidak ada baunya dan rasanyapun pahit.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Manfaat Membaca Al Quran: Allah SWT Akan Menjaga Orang-orang yang Rajin Membaca Al Quran

Allah SWT adalah maha segala-galanya. Hanya lah kepadanya kita harus meminta perlindungan dan pertolongan. Perlindungan dan pertolongan Allah SWT akan datang kepada hambaNya yang bertakwa dan rajin beribadah kepadanya. Salah satunya adalah membaca Al-Qur’an. Selain membuat hati tentram, orang yang rajin membaca Al-Qur’an juga akan dijaga langsung oleh Allah SWT.

Manfaat Membaca Al Quran: Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda yang artinya

“Bacalah Al-Qur’an karena Allah tidak akan menyiksa hati orang yang menjaga Al-Qur’an. Al-Qur’an itu benteng Allah; siapa yang masuk ke dalamnya akan aman. Dan berilah kabar gembira kepada siapa saja yang mencintai Al-Qur’an.” “(HR. Ad-Darimi).

Manfaat Membaca Al Quran: Orang yang rajin membaca Al-Qur’an maka Allah akan mengkaruniakan kepada orang tua kita mahkota yang berkilauan

Bukan hanya bernilai pahala dan juga manfaat bagi diri sendiri. Tenyata membaca Al Quran juga akan memberikan dampak bagi orang tuanya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Siapa yang membaca Al-Qur’an serta berusaha mengamalkannya, maka kelak di hari Kiamat kedua orangtuanya akan diberi mahkota yang bersinar lebih baik daripada sinar matahari di dunia. Bagaimana menurutmu orang yang mampu melaksanakan hal ini?” (H.R Abu Dawud).

Manfaat Membaca Al Quran: Membaca Al-Qur’an dapat menuntun kita ke jalan yang kebenaran, kebaikan, dan keselamatan

Berpegang teguh pada Al-Qur’an akan membuat diri kita selamat dan di jaga oleh Allah SWT. Sebagaimana diterangkan dalam Al-Qur’an surat Al Isra ayat 9 yang artinya

“Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.”

BACA JUGA : 5 Hal Soal Puasa Senin Kamis; Niat hingga Ajurannnya

Membaca Al-Qur’an akan membuat hati menjadi lembut dan tentram

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Ar- Ra’d ayat 28 yang artinya

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram.”

Membaca Al-Qur’an tidak harus banyak, yang penting adalah konsisten dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

Lalu membaca Al Quran juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh, diantaranya:

Manfaat Membaca Al Quran: Mengurangi Ketegangan (stres)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Al Qadhi, direktur utama Islamic Muslim for Education and Research yang berpusat di Amerika Serikat sekaligus konsultan ahli sebuah klinik di Panama City, Florida menunjukkan bahwa bacaan Al Quran menimbulkan efek relaksasi hingga 65%. Al Quran juga memiliki pengaruh positif yang cukup signifikan dalam menurunkan ketegangan (stres).

Manfaat Membaca Al Quran: Meningkatkan Kesehatan Mental

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Kazemi dkk yaitu dengan cara mendengarkan Al Quran selama 15 menit 3 kali seminggu selama 4 minggu berturut-turut yang diperdengarkan melalui tape recorder. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan mendengarkan Al Quran telah meningkatkan kesehatan mental si pendengar.

Manfaat Membaca Al Quran: Mencegah dan Mengatasi Kepikunan

Membaca Al Quran secara rutin dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kerja otak kita karena secara spiritual Al Quran merupakan kumpulan wahyu yang sempurna yang menenangkan jiwa, meningkatkan keyakinan, dan menyeimbangkna hidup manusia. Energi positif dari ayat-ayat Allah Swt ini dapat menjadi nutrisi otak yang paling berharga dari sebuah obat.

OLEH : Sufyan

SUMBER : IDN TIMES

Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings