Islam Di Amerika

 

Mayoritas penduduk Amerika saat ini adalah pemeluk agama Kristen, baik kristen Protestan maupun kristen Katholik, disusul agama Yahudi (baca sejarah yahudi), dan agama islam sendiri adalah negara yang paling berkembang di Amerika Serikat saat ini (baca fungsi agama dalam kehidupan manusia). Hingga saat ini tercatat ada lebih dari lima juta penduduk Amerika yang beragama islam. Agama islam adalah agama yang mulia dan membawa rahmat bagi seluruh alam. Untuk mengetahui sejarah dan perkembangan islam di Amerika simak penjelasan berikut ini (baca juga sejarah agama islam dan sejarah islam dunia)

Masuknya Islam di Amerika

Para ahli memperkirakan bahwa islam masuk Amerika melalui pelaut-pelaut muslim yang melintasi samudra Atlantik dan singgah di pantai benua Amerika. Beberapa literatur menyebutkan bahwa islam dibawa ke Amerika oleh navigator Christiper Colombus yang berasal dari Maroko dan Andalusia. Navigator-navigator tersebut beragama islam dan mereka juga memandu Christoper Colombus menjelajah benua Amerika. Fakta menyebutkan bahwa pada abad 16 sampai 18 di Amerika Utara telah terdapat pemukiman kaum muslim yang berasal dari Afrika, dan pada akhir abad ke 19 mulai banyak muslim yang mulai berdatangan ke Amerika. Sebagian muslim tersebut tetap mempertahankan identitas muslimnya dan membentuk komunitas yang tersebar di kota-kota Amerika dan Kanada.

Kemunduran imperium Usmaniah di negara Arab dan beberapa negara jajahan Prancis, Inggris dan Italia lainnya menyebabkan terjadinya pepecahan terutama setelah perang dunia kedua menyebabkan terjadinya imigrasi besar-besaran negara-negara islam seperti Syria,Mesir, dan lainnya menuju benua Amerika. Selain itu imigran dari negara lain seperti China, Kamboja dan negara Asia dan Afrika lainnya yang beragama muslim mulai masuk ke Amerika pada saat itu. Puncak imigrasi menuju Amerika terjadi pada sekitar tahun 1968 dimana negara Mesir mengumumkan imigrasi secara legal sehingga mendorong kaum elit dan profesional di Mesir berpindah ke Amerika untuk belajar dan bekerja. Saat ini diperkirakan ada lebih dari 750.000 pelajar muslim yang menuntut ilmu (baca hukum menuntut ilmu) di negara paman Sam tersebut. (baca juga ilmu pendidikan islam dan hakikat pendidikan islam dalam filsafat)

Perkembangan Islam di Amerika

Bangsa Amerika pada dasarnya adalah penganut paham materialisme dan perkembangan islam terasa di negara ini. Sebagian besar masyarakatnya menganut agama kristen namun nilai-nilai ajarannya tidak begitu dipedulikan bahkan banyak dari mereka yang tidak melaksanakan ajaran agama. Tidak hanya itu banyak masyarakat Amerika yang juga menganut paham atheis atau tidak beragama. Agama islam yang berkembang dan tumbuh di Amerika berasal dari kaum minoritas dan sebagian besar di anut oleh masyarakat kelas bawah dan penduduk berkulit hitam. Oleh sebab itu timbullah julukan Black Muslim dikalangan masyarakat Amerika.

Masa kepemimpinan Elijah Muhammad

Black Muslim di Amerika saat itu tergabung dalam Himpunan Dakwah Muslim Amerika, menyatakan bahwa di kalangan mereka pada masa ladan melahirkan tokoh populer yang bernama Fard Muhammad dan sekaligus murid yang kemudian menjadi penggantinya bernama Elijah Pool, yang kemudian namanya berganti menjadi Elijah Muhammad. Fard Muhammad selanjutnya meninggalkan Amerika setelah mengetahui bahwa ajarannya untuk memusuhi dan membenci Amerika tidak berhasil mempengaruhi muridnya bahkan setelah empat puluh tahun meyakinkannya. (baca syirik dalam islam)

Elijah Muhammad dikenal sebagai orang yang cerdas dan memiliki pendirian yang kuat membuat kesalahan besar dalam hal aqidah yakni ia menganggap Fard Muhammad sebagai Tuhan dan kemudian ia menyatakan dirinya sebagai utusan Tuhan. Elijah kemudian meninggal pada tanggal 25 Februari 1975. Beberapa jasa yang ditinggalkan oleh Elijah Muhammad antara lain adalah pembangunan beberapa sekolah dan masjid, warisan sebesar 30 juta dollar, yang ia tanam beberapa perusahaan serta sebuah organisasi yang telah diatur sedemikian rupa dengan pengikut yang jumlahnya tidak sedikit. Ia juga berperan dalam mengangkat martabat muslim berkulit hitam atau Negro, dalam bidang sosial, ekonomi, dan pendidikan. (baca hakikat pendidikan islam dan fungsinya)

Masa Kepemimpinan Warits Deen Muhammad

Setelah Elijah Muhammad meninggal ia digantikan oleh Warits Deen Muhammad, yang kemudian ditetapkan sebagai Imam Warits Deen Muhammad. Beberapa usaha yang dilakukan oleh Imam Warits dalam memajukan Islam di Amerika antara lain

  1. Mengadakan pemurnian dan perbaikan aqidah dan ajaran yang berdasar Al Qur’an dan Hadits yang sebelumnya disalah artikan pada generasi sebelumnya yang menganngap Fard sebagai tuhan dan elijah sebagai utusannya. Ia memantapkan para pengikutnya bahwa Allah adalah tuhan semesta alam dan Muhammad adalah utusannya. Ia juga memantapkan para pengikutnya untuk mengucapkan dua kalimat syahadat. (baca keutamaan cinta kepada Rasulullah bagi umatnya)
  2. Mengenalkan istilah Bilalian People atau Bilalian America sebagai pengganti sebutan Black Muslim, yang namanya diambil dari salah satu sahabat nabi yang berkulit hitam yakni Bilal.
  3. Pada tahun 1976 ia mengganti namaNation of Islam dengan World Community of Islam in West dan kemudian pada 30 April 1980 nama organisasi tersebut kembali menjadi AmericanMuslim Mission (AMM), untuk menegaskan bahwa pokok organisasi adalah Untuk menjalankan dakwah dan mengukuhkan nasionalisme mereka sebagai warga Amerika.
  4. Menetapkan bahwa mereka dalam hal ini organisasi dan muslim Amerika adalah anggota dari masyarakat muslim dunia.
  5. memperbaiki fungsi dan penggunaan masjid dalam pembinaan Imam Warits. Ia menyingkirkan kursi-kursi dalam masjid yang menyerupai gereja dan menetapkan bahwa puasa jatuh pada bulan Ramadhan bukan pada bulan Desember seperti yang dilakukan beberapa dari mereka.(baca puasa ramadhan dan puasa ramadhan dan fadhilahnya)
  6. Ia mengubah sistem kepemimpinan tunggal muslim Amerika dan mengangkat enam orang muslim sebagai majlis Imam pada tahun 1976. Masing-masing imam bertanggung jawab di wilayahnya dan mengkoordinasikan penyelenggaraan acara keagamaan seperti shalat wajib lima waktu, zakat (baca penerima zakat dan syarat penerima zakat), pendidikan, perdagangan dan lain sebagainya.

Islam Amerika Saat Ini

Saat ini banyak masyarakat Amerika yang sudah menganut agama islam dan ada lebih dari 1200 masjid yang didirikan, 1566 masjid yang berdiri di Amerika diantaranya didirikan oleh masyarakat Bilali Masjid-masjid tersebut tersebar di beberapa negara bagian Amerika dan menjadi pusat kegiatan agama dan pendidikan islam. Masjid yang paling bagus di Amerika Serikat berada di Washington dan didirikan pada tahun 1952, sedangkan masjid yang merupakan masjid terbesar di Amerika adalah Islamic Center Detroit yang didirikan pada tahun 1962 – 1968 oleh para jamaah masjid dengan bantuan pemerintah negara-negara muslim seperti Mesir,Iran, Arab Saudi, dan Lebanon. Masjid di Amerika saai ini menjadi pusat kegiatan melaksanakan shalat wajib lima waktu, pengajaran Alqur’an dan shalat Jum’at serta tempat pelaksanaan shalat tarawih pada bulan Ramadhan, Hari Raya, Hari besar dan lainnya.

Pendidikan agama di Islamic center di Amerika biasanya dilaksanakan di akhir pekan pada hari Minggu atau hari Sabtu. Di dalam masjid juga terdapat perpustakaan yang menyediakan buku-buku tentang islam maupun ilmu pengetahuan lainnya yang berbahasa Arab dan Inggris.meskipun terjadi pasang surut dan kejadian yang menimpa muslim Amerika, mereka tetap berpegang teguh pada ajaran agama dan senantiasa berusaha mengukuhkan imannya kepada Allah SWT.

Sumber : Dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam