Jaga Makan dan Mesra PadaNya – Ustadz Salim A. Fillah | Astaghfirullah




Ketika Allah memerintahkan untuk berpuasa, maka kita pertama-tama tahu bahwa puasa ini adalah tentang urusan perut. Dan ternyata, urusan perut ini kaitannya sangat dekat dengan kemesraan kita dengan Allah SWT.

Rasulullah SAW dulu pernah menjelaskan hubungan antara makanan dengan do’a (kemesraan kepadaNya) ketika membacakan ayat untuk para Nabi dan seluruh ummat manusia yang artinya.. “Wahai sekalian manusia, makanlah dari apa yang aku anugerahkan sebagai rizki bagi kalian dengan cara yang halal dan juga thoyyib.”

Sesungguhnya, bahaya barang haram ini bukan hanya ketika dia tumbuh lalu menjadikan di situ api neraka lebih berhak baginya, tetapi juga bahkan dia berbahaya sejak mula karena adanya barang haram di dalam tubuh kita. Ini menghalangi kemesraan kita dengan Allah SWT.

Jadi, ketika kita kemudian menjadikan Ramadhan ini wahana untuk melatih kita supaya kita berada di tingkatan menjaga diri dari yang haram dan yang syubhat, kita berkomitmen hanya kepada yang halal dalam konsumsi-konsumsi kita.. ini adalah salah satu target Ramadhan yang paling penting yang harus kita ambil. Yaitu, menjadi seseorang yang menjaga dirinya dari yang haram dan yang syubhat.

Tentu saja kita sebagai Mukmin, adalah yang paling pertama berhak untuk menjadi yang hidup dengan kehalalan karena halal adalah kemesraan dengan Allah SWT.

*****

Sinopsis Buku “Lapis-Lapis Keberkahan”

Bahagia adalah kata paling menyihir dalam hidup manusia. Jiwa merinduinya. Akal mengharapinya. Raga mengejarnya. Tapi kebahagiaan adalah goda yang tega. Ia bayangan yang melipir jika difikir, lari jika dicari, tak tentu jika diburu, melesat jika ditangkap, menghilang jika dihadang. Di nanar mata yang tak menjumpa bahagia; insan lain tampak lebih cerah. Di denging telinga yang tak menyimak bahagia; insan lain terdengar lebih ceria. Di gerisik hati yang tak merasa bahagia; insan lain berkilau bercahaya.

Buku ini disusun dengan keinsyafan kecil; bahwa jika bahagia dijadikan tujuan, kita akan luput menikmatinya sepanjang perjalanan. Bahwa jika bahagia dijadikan cita, kita akan kehilangan ia sebagai rasa. Bahwa jika bahagia djadikan tugas jiwa, kita akan melalaikan kewajiban sebagai hamba. Bahwa jika bahagia dijadikan tema besar kehidupan, kita bisa kehilangan ia setelah kematian.

Bahagia adalah kata yang tak cukup untuk mewakili segenap kebaikan. Maka buku ini diberi tajuk Lapis-Lapis Keberkahan. Hidup kita umpama buah beraneka aroma, bentuk, warna, serta rasa; yang diiris-iris dan ditumpuk berlapis-lapis. Tiap irisan itu, punya wangi maupun anyirnya, lembut atau kasarnya, manis serta pahitnya, masam juga asinnya. Tapi kepastian dari-Nya dalam segala yang terindra itu ialah; ada gizi yang bermanfaat bagi ruh, akal, dan jasad kita.

Ialah lapis-lapis keberkahan. Mungkin bukan nikmat atau musibahnya, tapi syukur dan sabarnya. Bukan kaya atau miskinnya, tapi shadaqah dan doanya. Bukan sakit atau sehatnya, tapi dzikir dan tafakkurnya. Bukan sedikit atau banyaknya, tapi ridha dan qana`ahnya. Bukan tinggi atau rendahnya, tapi tazkiyah dan tawadhuínya. Bukan kuat atau lemahnya, tapi adab dan akhlaqnya. Bukan sempit atau lapangnya, tapi zuhud dan wara`nya. Bukan sukar atau mudahnya, tapi íamal dan jihadnya. Bukan berat atau ringannya, tapi ikhlas dan tawakkalnya.

Selamat datang di lapis-lapis keberkahan. Biarlah bahagia menjadi makmum bagi Islam, iman, dan ihsan kita; membuntutinya hingga ke surga.

*****

Lokasi Shooting: Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin (Masjid Besi), Putrajaya, Malaysia.
Intro Music: Welcome – Muhammad Al-Muqit
Background Music: Ramadhan – Fathi Omani
Outro Music: Happy – Omar Esa

___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Support and follow Penerbit Pro-U Media for latest updates!

Facebook (www.facebook.com/proumedia)
Twitter (@proumedia)
Instagram (@proumedia)
Jl. Jogokariyan No. 41, Yogyakarta
Telp. 0274-376301, 0823 2737 6000
[email protected], [email protected]



Sumber : Youtube / Pro-You Channel

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.