Jangan Asal, Ini Waktu Ideal untuk Sarapan _*

VIVA – Tak sedikit yang melewatkan sarapan akibat rutinitasnya yang padat dan memilih makan dalam porsi banyak saat siang hari. Padahal, sarapan bermanfaat baik pada kesehatan secara menyeluruh, khususnya agar tubuh mampu menyiapkan energi selama beraktivitas.

Dikatakan spesialis gizi klinis, dr. Feni Nugraha SpGK, sarapan sangat penting untuk meningkatkan kinerja selama seharian penuh. Selain itu, sarapan juga membuat konsentrasi terjaga dan berat badan lebih ideal.

“Sarapan tak boleh terlupakan. Sarapan dapat beri energi cukup dan menjaga konsentrasi tetap baik serta kinerja optimal. Anda tak akan telat makan di siang hari dan itu akan menjaga berat badan tetap ideal,” ujarnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, baru-baru ini.

sarapan pagi.

Meski begitu, sarapan yang memberi manfaat itu tentu harus dilakukan dengan cara yang tepat pula. Ada waktu ideal yang seharusnya dilakukan untuk sarapan lantaran sistem pencernaan tengah siap bekerja. Kapan itu?

“Waktu ideal sarapan pukul 6-9 pagi agar tubuh bekerja optimal. Disarankan memilih kalori cukup dan zat gizi lengkap,” imbuhnya.

Menurut Feni, selain waktu yang ideal juga harus memilih sumber energi yang sesuai. Minimal, sarapan itu memenuhi 20 persen dari kebutuhan total harian. Misal, kebutuhan kalori per hari sebesar 1500-2000 kalori maka idealnya sarapan sebesar 300-400 kalori.

Sumber : viva.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?