Jangan Sampai Teknologi Menghilangkan Identitas Budaya Indonesia _*

VIVA – Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), tercatat sebanyak 202 juta orang di Indonesia sudah mengakses internet dengan nilai ekonomi digital sebesar Rp632 triliun, dan angka itu berpotensi untuk terus tumbuh hingga Rp4.531 triliun pada 2030.

Hal itu diprediksi akan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Pemerintah sedang mengembang digitalisasi pada 4 sektor dalam mendorong pemanfaatan potensi ekonomi digital, yakni melalui aspek infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

Pengembangan 4 sektor itu juga akan memperhatikan kearifan lokal masyarakat Indonesia yang sangat beragam. Sasaran pembangun masyarakat digital ini akan berupa literasi kemampun, etika, keamanan, dan berbudaya di dunia maya.

Hingga 2024, program masyarakat digital ditargetkan menghasilkan 50 juta orang Indonesia yang memiliki tingkat literasi digital yang baik. Qlue mendorong peningkatan lokalisasi teknologi di Indonesia.

Direktur Telkom Fajrin Rasyid.

Direktur Telkom Fajrin Rasyid.

Hal itu menjadi salah satu kunci dari pemanfaatan teknologi yang penetrasi sangat tinggi dengan selalu mempertahankan kearifan lokal. Lokalisasi teknologi juga dipandang perlu supaya tidak terjadi benturan digitalisasi dengan nilai-nilai budaya Indonesia agar masyarakat tidak kehilangan identitas.

Pendiri dan Kepala Eksekutif Qlue Rama Raditya mengatakan kemajuan teknologi memiliki potensi untuk mendegradasi kearifan lokal jika tidak dikelola optimal. Salah satu contoh adalah urbanisasi yang semakin tinggi lantaran perkembangan teknologi cenderung lebih banyak dimanfaatkan di kawasan perkotaan.

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?