Jokowi Teken Perpres, Geber Pembangunan Kawasan Rebana Jawa Barat

VIVA – Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) terbaru yaitu Perpres Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

Dalam lampiran Perpres itu disebutkan bahwa melalui percepatan pembangunan Kawasan Rebana dan Jawa Barat bagian selatan, pemerintah ingin menghilangkan disparitas yang terjadi di Tanah Pasundan.

“Pengembangan kawasan Rebana dan kawasan Jawa Barat bagian selatan dilakukan untuk mengurangi tingkat disparitas antarwilayah di seluruh Provinsi Jawa Barat,” tulis dalam lampiran Perpres yang dikutip dari laman jdih.setneg.go.id, yang dikutip, Jumat 8 Oktober 2021.

Baca juga: Utang Publik Era Jokowi Masih di Bawah 40 Persen? Cek Faktanya

Perpres tersebut menyatakan, disparitas di Jawa Barat adalah isu penting dan strategis. Jarak atau gap kesenjangan antara satu wilayah satu dengan yang lain sangat kentara. Dalam Perpres disebut, wilayah maju (developed region) dan wilayah tertinggal (underdeveloped region).

Angka kesenjangan (gini ratio) pula mewarnai proses pembangunan di Provinsi Jawa Barat yang sedang berlangsung dan adanya indikasi bahwa pembangunan di Provinsi Jawa Barat belum merata. Dari data yang ada, angka kesenjangan Provinsi Jawa Barat mencapai 0,403 persen dan selalu berada di atas angka nasional 0,381 persen.

Jawa Barat juga memiliki karakteristik berbeda antara wilayah Timur, Utara, Barat dan Selatan. “Terjadi disparitas pembangunan antara kawasan di Provinsi Jawa Barat yang terletak di sekitar Provinsi DKI Jakarta dengan kawasan Provinsi Jawa Barat lainnya, terutama bagian selatan. Hal itu disebabkan percepatan pembangunan alami yang terjadi sebagai dampak dari pembangunan DKI Jakarta,” sebut Perpres tersebut.

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin