Jokowi Ungkap Banyak Negara Antre Garap ‘Harta Karun’ Energi di RI

Jokowi Ungkap Banyak Negara Antre Garap ‘Harta Karun’ Energi di RI



Jakarta

Indonesia memiliki potensi ‘harga karun’ energi yang besar di Indonesia. Harta karun yang dimaksud adalah energi hijau alias energi baru terbarukan yang ramah lingkungan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan menyebut sudah banyak investor dari berbagai negara yang antre untuk menggarap harta karun tersebut. Salah satu yang harta karun energi yang bakal digarap secara besar-besaran dalam waktu dekat adalah energi air alias hydropower.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Jawa Barat. PLTS terapung yang diklaim terbesar ketiga di dunia itu digarap dengan kerja sama raksasa energi Uni Emirat Arab, Masdar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau yang ngantre banyak tapi kita inginkan satu-satu, satu-satu selesai, bisa ditingkatkan lagi, tidak semua kita terima. Kita yang kedua agak gede lagi yang hydropower belum final,” ujar Jokowi usai meresmikan PLTS Terapung Cirata, Kamis (9/11/2023).

Jokowi enggan bicara proyek energi terbarukan mana lagi yang bakal berjalan dalam waktu dekat. Namun dia memastikan setelah PLTS Cirata, akan ada pengambangan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang akan berjalan.

“Semuanya masih dalam proses studi, belum final, jadi saya nggak mau bicara. Paling gede nanti hydropower,” kata Jokowi.

Bicara harta karun energi terbarukan, potensi yang dimiliki Indonesia memang sangat lah besar. Berkali-kali Jokowi pun mengungkapkan hal tersebut dalam banyak kesempatan.

Salah satunya saat Jokowi memberikan sambutan pada Pembukaan Kongres Nasional Mahasabha XIII akhir Agustus 2023 yang lalu. Saat itu, Jokowi memaparkan ada total 434 ribu megawatt energi hijau yang bisa membuat Indonesia jadi negara berkekuatan besar.

Mulai dari energi panas bumi atau geothermal 24 ribu megawatt, energi air atau hydropower dengan potensi 95 ribu megawatt, energi surya 169 ribu megawatt, hingga energi angin yang potensinya 68 ribu megawatt.

(hal/rrd)



Source : finance.detik.com
Alhamdulillahi Robbil Aalamiin, Allohumma Sholli Ala Rosulillah Muhammad Warhamna Jamii’a.

What do you think?

Written by admin