Kadin Sebut Pembiayaan Perumahan Perlu Solusi dan Formula Khusus _*

loading…

JAKARTA – Kepala Badan Pengembangan Kawasan Properti Terpadu Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Budiarsa Sastrawinata mengatakan, pembiayaan perumahan masih menjadi isu yang harus dicarikan solusi terbaik.

Oleh karena itu, perlu adanya formula khusus untuk memeriksa instrumen pembiayaan dari berbagai pelaku baik di sektor publik maupun swasta untuk mendanai perumahan yang terjangkau.

Budiarsa dalam paparannya pada konferensi pers Indonesia Housing Forum 2021, Senin (11/10/2021), menyoroti hunian masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Menurut dia, hingga saat ini kesenjangan antara ketersediaan dan kebutuhan perumahan masih cukup tinggi.

“Hunian atau perumahan merupakan bagian dari sebuah industri besar properti sehingga permasalahan yang dihadapi menjadi sangat kompleks,” kata Budiarsa, dikutip Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Rogoh Kocek Rp200 Miliar, Pemerintah Siap Bangun 20 Rusun di Jabar

Sehubungan dengan ini, dia mengatakan bahwasanya Kadin ingin membangun ekosistem yang baik untuk industri properti, khususnya hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Pasalnya, dia menilai hal-hal menyangkut perumahan rakyat seperti pengadaan tanah sampai perencanaan, perizinan, dan pembiayaan masih bisa terus digenjot lebih maksimal lagi.

“Kami sebagai Kadin terus akan mengupayakan setiap tahap dari kegiatan pengadaan perumahan. Tentu yang harus kita perhatikan kegiatan mana saja yang bisa meningkatkan pelaksanaan pengadaan perumahan yang layak pada umumnya,” ujarnya.

Di samping itu, dia memaparkan bahwasanya di Indonesia masih terdapat backlog perumahan yang besar atau kesenjangan antara ketersediaan dan kebutuhan perumahan masih cukup tinggi, terutama untuk MBR.

Sumber : sindonews.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?