Keguguran Berulang, Waspadai Gejala Penyakit Autoimun _*

VIVA – Meningkatnya kasus penderita autoimun belakangan ini didukung oleh data The Lupus Foundation of America yang memperkirakan ada 16 ribu kasus baru penyakit autoimun lupus setiap tahunnya di seluruh dunia. Sayangnya, kesadaran masyarakat terhadap penyakit autoimun saat ini masih rendah karena gejalanya yang bervariasi dan menyerupai beragam penyakit lainnya.

Dijelaskan dokter spesialis penyakit dalam, Dr. dr. Stevent Sumantri, DAA, SpPD, K-AI bahwa penyakit imunitas kerap disalahartikan dengan penyebab penurunan daya tahan tubuh. Padahal, penurunan imunitas tak melulu menjadi tanda penyakit autoimun.

“Kadang-kadang ada orang yang bermasalah dengan imunnya ternyata disebabkan bukan karena sistem imun yang bermasalah. Ternyata karena dia stres berkepanjangan,” ujar dokter Stevent saat acara virtual bersama DBS, baru-baru ini.

Lebih dalam, Stevent menyebut bahwa penanganan autoimun harus dilihat secara keseluruhan dan tak hanya satu tanda. Serta, tak bisa ada yang tertinggal lantaran terdapat lebih dari 150 kondisi autoimun yang pada setiap kondisinya menimbulkan gejala yang berbeda.

Gejala-gejala yang umum terjadi di antaranya adalah mengalami keluhan yang menahun dan tidak membaik.

“Pertama adalah kalau kita merupakan populasi kunci, yaitu wanita usia produktif. Kedua, kalau kita mengalami keluhan yang sifatnya menahun. Misal mengalami brain fog, kesulitan konsentrasi yang terus menerus, kelelahan, nyeri sendi, sakit otot, gangguan cerna yang tidak membaik selama berminggu-minggu,” imbuhnya.

Selain itu, gejala yang patut diwaspadai adalah keluhan berulang seperti keguguran yang lebih dari sekali. Gangguan pada reproduksi ini patut dicurigai adanya kondisi autoimun.

Sumber : viva.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?