Kemenhub Gandeng UI Susun RPP Penggunaan Drone, Ini yang Disoroti

VIVA – Kementerian Perhubungan menyoroti semakin berkembangnya teknologi sistem pesawat udara tanpa awak atau drone saat ini. Sebab, pengoperasiannya sangat erat kaitannya dengan keselamatan penerbangan.

Sistem kerja drone disebut juga Unmanned Aircraft System (UAS) atau Remotely-Piloted Aircraft System (RPAS). Pengoperasiannya ditegaskan harus benar-benar sesuai aturan dan mendapatkan pengawasan yang ketat.

Kepala Badan Litbang  Perhubungan, Umar Aris menyampaikan bahwa penggunaan pesawat udara tanpa awak telah digunakan untuk berbagai kegiatan saat ini. Berkembang dari yang dulunya hanya digunakan sebatas hobi, kini mengarah ke transportasi. 

“Dari beragam jenis pengkategorian dan klasifikasi pesawat tanpa awak menimbulkan tingkat risiko yang berbeda-beda. Namun masih banyak para penerbang atau operator yang belum memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup terhadap peraturan pengoperasian pesawat tanpa awak,” jelas umar dalam seminar bertajuk ‘Pengoperasian Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak di Indonesia’ Jumat, 8 Oktober 2021.

Umar menjabarkan, untuk mengantisipasi adanya risiko tersebut, maka integrasi pesawat tanpa awak dalam operasi penerbangan dan ruang udara harus memenuhi 5 aspek utama.Yaitu, keselamatan, keamanan, lalulintas udara, sosio-ekonomi, dan regulasi.  

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Udara, Capt Novyanto Widadi menyampaikan, pihaknya bersama dengan Djokosoetono Research Center (DRC) Fakultas Hukum Universitas Indonesia, telah menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait hal itu.

Baca juga: PON XX Papua Serap Anggaran Negara Rp3,53 Triliun

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?