Kenali 7 Jenis Meditasi, Tak Hanya Diam dan Duduk Sila _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Memejamkan mata, duduk bersila, dan menangkupkan tangan. Ketiga hal tersebut merupakan stereotip meditasi yang paling banyak dikenal masyarakat.

Namun, tahukah kamu bahwa meditasi tidak hanya berarti demikian?

Meditasi ternyata memiliki jenis yang beragam. Di antaranya terdapat meditasi mindfulness, meditasi visual, hingga meditasi movement.

Menariknya, terkadang keragaman jenis meditasi ini justru menyulitkan, apalagi untuk pemula. Psikolog dan tim konselor dari aplikasi meditasi online Riliv, Prita Yulia Maharani, mengatakan bahwa kebingungan yang dialami pemula meditasi sangat wajar.

“Memang banyak pemula meditasi yang bingung memilih jenis meditasi yang paling cocok dengan mereka. Bukan masalah, itu wajar karena mereka enggak mau salah langkah,” katanya dalam keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (9/8).

Prita juga menyarankan pemula meditasi agar tidak terlalu pusing dalam memilih jenis meditasi.

“Enggak ada jenis meditasi yang lebih baik dari yang lainnya. Kalau kamu suka suatu jenis meditasi dan ingin melakukannya secara berulang, itulah meditasi yang cocok untukmu. Pokoknya apa pun meditasi yang kamu suka, yang penting dilakukan.”

Jika kamu ingin memulai meditasi, berikut ragam jenisnya yang bisa menjadi panduan untuk menentukan mana yang paling sesuai.

1. Meditasi mindfulness

Meditasi mindfulness adalah meditasi yang menggabungkan konsentrasi dan kesadaran. Meditasi ini mengajarkan untuk fokus ke momen saat ini, bukan ke masa lalu atau masa depan.

Saat melakukan meditasi mindfulness, harus memusatkan perhatian pada keadaan di sekitarmu.

Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin, sebab meditasi mindfulness punya banyak manfaat.
Menurut Prita, peneliti menunjukkan bahwa meditasi ini dapat mengurangi depresi, kecemasan, dan stres

2. Meditasi fokus

Jika punya masalah mempertahankan fokus, kamu bisa melatihnya dengan melakukan meditasi fokus. Meditasi ini akan melibatkan panca indera untuk tetap berkonsentrasi.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk bermeditasi fokus.

Misalnya, memfokuskan pikiran pada irama napas atau suara jam yang berdenting.

Mungkin awalnya akan sulit karena melatih fokus tidak pernah mudah. Namun, Prita mengingatkan agar tidak pantang menyerah untuk mencoba.

3. Meditasi visual

Meditasi visual menggunakan imajinasi akan hal-hal yang menyenangkan. Jadi kalau kamu adalah orang yang selalu berimajinasi, kamu bisa melakukan meditasi visual ini dengan baik.

Sebelum memulai meditasi visual, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu hal-hal yang membahagiakan diri.

Kemudian, coba memejamkan mata dan membayangkannya. Biarkan perasaan bahagia yang dialami meresap ke alam bawah sadar.

Simak ragam jenis meditasi lainnya di halaman berikut.

Meditasi spiritual


BACA HALAMAN BERIKUTNYA




Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?