Keuntungan yang Didapat dari Merger Indosat dengan Tri Indonesia _*

VIVA – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong membeberkan tiga cara pemerintah dalam memperluas akses internet. Ketiganya untuk mendukung program Indonesia Merdeka Sinyal pada 2024.

“Pertama, harus menyiapkan infrastruktur dan memperluas. Untuk memperluas perlu anggaran. Karena itu, kami mencoba menggunakan berbagai skema anggaran. Salah satunya lewat APBN,” kata dia, Senin, 11 Oktober 2021.

Selain APBN, dana membangun infrastruktur juga diperoleh dari penerimaan negara bukan pajak atau PNBP. Pemerintah juga bekerja sama dengan provider dalam skema public service obligation (PSO) yang menyerap seperempat pendapatan penyelenggaraa jaringan untuk pembangunan infrastruktur.

“Yang lain adalah mekanisme KPBU atau kerja sama pemerintah dengan badan usaha. Contoh KPBU ketika membangun Satelit Satria I. Itu bentuk kerja sama dengan perusahaan swasta,” tutur Usman.

Selain anggaran, cara kedua untuk memperluas jaringan internet dengan teknologi. Menurutnya, seluruh teknologi dipakai untuk mengatasi tantangan geografis Indonesia yang kerap menghambat sinyal internet di mana perangkat yang dimanfaatkan meliputi fiber optik, satelit, BTS, hingga repeater.

Cara ketiga atau terakhir, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang telekomunikasi. Usman menilai seluruh elemen masyarakat perlu diberi pemahaman tentang digitalisasi, sehingga mereka bisa menjadi pelaku digital yang baik. “Dari hulu hingga hilir kita siapkan, termasuk literasi digital,” ungkapnya.

Usman juga merespons terkait dukungan penyelenggara internet dalam program Indonesia Merdeka Sinyal 2024. Seluruh upaya perlu dilakukan guna mendukung program tersebut, sehingga kesenjangan digital di Indonesia semakin berkurang.

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?