Keutamaan Sedekah di Hari Jumat _* PT1

Sedekah merupakan salah satu amalan yang amat dianjurkan. Sedekah merupakan bentuk rasa syukur atas limpahan rezeki dari Allah SWT, sebab dalam setiap rezeki yang kita miliki terdapat 2,5% yang harus disedekahkan kepada kaum yang kurang mampu. Sedekah juga merupakan cara untuk bisa berbagi nikmat dengan mereka yang reltif masih kekurangan. Tanpa perlu menunggu haru kaya atau memiliki harta berlimpah, setiap muslim diwajibkan untuk bersedekah.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Sedekah dalam islam memiliki nilai dan arti penting dalam islam. Sebagaimana kita selalu diajarkan untuk saling berbagi, maka disitulah poin penting bersedekah. Islam mengajarkan kita bahwa sedekah menjadi salah satu bentuk amalan yang paling dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulnya sebagai keutamaan bersedekah . Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW :

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari)

Sedekah dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun saja tanpa harus menunggu moment tertentu. Namun, ada saat dimana sedekah begitu memiliki keistimewaan sebagaimana 10 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat dalam islam.

1. Diberikan Pahala yang Berlimpah

Keutamaan sedekah yang pertama adalah diberikan pahala yang betlimpah. Terlebih lagi jika sedekah dilakukan pada hari jum’at. Hari jum’at sendiri merupakan hari yang istimewa terutama bagi umat muslim. Sebab hari jum’at merupakan hari terbaik, maka semua perbuatan baik yang dilakukan juga pasti akam bernilai kebaikan terlebih sedekah yang akan menjadi ladang pahala sebagaimana juga sunnah rasul di malam jum’at .

3. Setara Dengan Pahala Sedekah di Bulan Ramadhan

Sedekah di hari Jum’at memiliki keutamaan lain, yakni sama ataupun setara dengan keutamaan sedekah  di bulan ramadhan. Tentunya bulan ramadhan sendiri merupakan bulan yang penuh berkah sehingga pastinya nilai kebaikan dan amalan yang terkandung didalamnya akan sangat mulia. Sebagaimana dalam hadist berikut ini :

Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”

3. Membuka Pintu Rezeki

Sedekah merupakan salah satu cara untuk dapat membuka pintu rezeki dan amalan hari jum’at bagi wanita . Sedekah tidak akan mengurangi sedikitpun jumlah harta kekayaan anda. Justru sebaliknya sedekah akan semakin memperkaya diri anda. Sebagaimana dalam hadist berikut ini :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

Barangsiapa yang orientasinya adalah urusan akhirat, niscaya Allah meletakkan kekayaannya di dalam jiwanya. Sebagaimana Allah juga akan menyatukan urusannya dan kekayaan dunia akan menghampirinya dengan mudah. Namun sebalikya, orang yang orientasinya adalah urusan dunia, niscaya Allah jadikan kemiskinannya ada di depan matanya. Sebagaimana Allah juga mencerai-beraikan  urusannya dan tiada kekayaan dunia yang menghampirinya selain yang telah Allah tentukan untuknya.” (HR. At Tirmidzi dan lainnya).

4. Hari yang Dianjurkan Untuk Melakukan Amalan Sholeh

Dianjurkan memperbanyak sedekah dan beramal soleh di hari jumat atau malam jumat. Memperbanyak shalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam atau siang hari jumat. Berdasarkan hadis:

“Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (al-Iqna’, 1/170)

5. Hari Istimewa Dalam Islam

Hari jum’at merupakan hari yang istimewa, sehingga maka sedekah di hari Jum’at akan bernilai sama istimewana. Sebagaimana dalam riwayat berikut:

Saya pernah melihat Syaikhul Islam – rahimahullah – apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan diam-diam. Saya pernah mendengar beliau mengatakan,

“Apabila Allah memerintahkan kita untk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka bersedekah sebelum menghadap Allah lebih afdhal dan lebih besar keutamaannya.” (Zadul Ma’ad, 1/407).

6. Mendapatkan Limpahan Karunia

Sedekah di hari Jum’at akan mendatangkan limpahan karunia dari Allah SWT. Sebab sebagai salah satu amalan yang paling dianjurkan, hari jum’at sendiri merupakan hari yang sangat istimewa. Dalam islam Jum’at merupakan hari yang memiliki nilai yang amat spesial. Sehingga tidak salah jika kemudian sedekah pada hari Jum’at dapat mendapatkan limpahan karunia  dari Allah SWT.

7. Hari Kebaikan

Hari jum’at merupakan hari yang penuh dengan kebaikan. Diamana banyak peristiwa terbaik dalam sejarah islam yang terjadi pada hari ini. Tentunya, apabila di hari yang penuh kebaikan ini menjadi saat yang baik untuk melaksanakan amalan. Terlebih lagi sedekah yang dilakukan hari jum’at tentu bernilai kebaikan dalam keutamaan ayat kursi . Diriwayatkan oleh Imam  ‘Abdurrazzaq ash-Shan’ani rahimahullah dari Imam Sufyan ats-Tsauri, dari Mansur, dari Mujahid, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma,

“Sesungguhnya pada hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang muslim bertepatan dengannya dalam keadaan memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala melainkan Dia akan men-datangkan kebaikan itu kepadanya.”

8. Akan Dibalas 700 Kali Lipat

Sedekah dihari jum’at merupakan salah satu bentuk amalan yang dibalas 700 kali lipat. Balasan ini tentu merupakan balasan yang setimpal. Sebab tidak semua manusia dapat memberikan sedekah secara ikhlas sebagaimana keutamaan berdzikir . Banyak dari mereka yang masih pamer dan suka memperlihatkannya kepada khalayak umum. Sebagaimana dalam  Alquran Surah Al Baqarah Ayat 261,

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

9. Mempererat Silaturahmi

Keutamaan menyambung  Tali Silaturahmi, Anda tidak pernah tahu akan menjadi apa dan seberapa besar Anda membutuhkan bantuan orang lain. Dengan bersedekah, Anda menambah keluarga baru, teman baru dan kerabat baru. Tidak akan ada yang tahu bagaimana kehidupan Anda ke depannya. Kelak, jika Anda butuh bantuan, tidak menutup kemungkinan mereka akan membantu Anda. Kalaupun tidak, Tuhan tidak pernah menutup mata bagi mereka yang ikhlas bersedekah.

10. Anjuran Rasulullah SAW

Sedekah di hari Jum’at, merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW. Sebagaimana jenis amalan yang lainnya. Alam Tuhfah al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib tentang hari Jum’at disebutkan jika,

“Disunnahkan memperbanyak  sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jum’at. Juga disunnahkan memperbanyak shalat atas Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di siang dan malam harinya berdasarkan khobar.”

Itulah tadi, 10 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat dalam islam. Tentunya semakin menambah pengetahuan dan menjadi tambahan amalan bagi anda untuk selalu berbuat kebaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu bagi anda.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam