Kisah Eddy Berusia 100 tahun Sembuh dari Covid-19 di Bandung _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Eddy Yoshawirja tampak duduk tenang dalam sebuah video singkat. Tak lama, terdengar suara perempuan yang memanggilnya ‘Papi’.

Perempuan itu berteriak girang karena ayahnya yang sudah berusia 100 tahun itu berhasil sembuh dari Covid-19. Eddy selesai isolasi mandiri di Bandung pada 12 Juli 2021 lalu.

“Papi udah sembuh! Seneng enggak?” teriaknya.

Namun, karena pendengaran yang sudah berkurang, tampak seorang yang mengenakan APD mengulang pertanyaan itu di dekat telinga Eddy. Video singkat ini merupakan momen saat Eddy selesai isolasi mandiri dari Covid-19.

Benny Bernardus, anak Eddy yang lain, menyebut ayahnya berhasil sembuh dari Covid-19 karena vaksin.

“Kalau menurut saya, vaksin ini penyelamat,” kata Benny dalam konferensi pers bersama Komite Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Jumat (13/8).

Benny bercerita pada 12 Juni 2021 lalu ayahnya genap berusia 100 tahun. Ia sekeluarga berdiskusi soal vaksinasi buat Eddy. Setelah konsultasi dengan dokter termasuk sang istri yang juga berprofesi sebagai dokter, mereka sepakat untuk memberikan vaksin pada Eddy.

Saat itu, lanjut Benny, sang ayah menurut saja. Tanpa rasa ragu maupun was-was, Eddy pun menerima vaksin. Saat itu, Eddy disebut-sebut sebagai penerima vaksin tertua di Indonesia.

“Kami sekeluarga sudah sepakat. Karena kan dirawat oleh 3 perawat, 24 jam dijaga. Perawat kan keluar masuk, Pak Eddy di rumah. Pertimbangan kami, bapak harus divaksin untuk pencegahan. Kami sekeluarga pun sudah divaksin,” ujar Benny.

Setelah beberapa waktu menerima vaksin, Eddy terkonfirmasi positif Covid-19. Setelah ditelusuri, ternyata dia tertular salah satu perawat. Sang perawat tidak sadar dia sudah terinfeksi virus corona hingga akhirnya menularkan pada Eddy.

Dokter yang dua bulan sekali mengecek kondisi Eddy curiga sebab badannya kurang sehat. Setelah tes swab, hasilnya menunjukkan reaktif. Eddy lalu menjalani isolasi mandiri di rumah dengan protokol kesehatan ketat.

Benny bercerita, sang ayah sempat diinfus selama dua hari dengan saturasi rata-rata 90. Eddy sempat dibantu oksigen. Walaupun Eddy kerap merasa tidak nyaman dengan pemasangan oksigen tersebut.

Kondisi Eddy di usia yang sudah satu abad terus membaik dan dinyatakan sembuh dari Covid-1.

“Pada 22 Juni 2021 kena, 25 Juni cek antibodi sudah 182,5, ini 4 kali dari normal. Jadi vaksinnya efektif,” kata Benny.

Eddy merupakan satu dari banyak lansia yang mengalami Covid-19 di Indonesia. Data Kementerian Kesehatan menunjukkan dari total kasus positif Covid-19, sebanyak 12 persen adalah lansia.

“Dari 12 persen ini, yang berakhir jadi gejala berat hingga kematian berada di angka 50 persen,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, dalam kesempatan serupa.

Nadia menjelaskan vaksinasi sangat penting untuk lansia.

“Pemberian vaksin ini akan membantu melatih sistem kekebalan agar lebih siap, tanggap,” ucap Nadia.

(els/ptj)

[Gambas:Video CNN]




Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?