Kisah Gol Aneh Papua vs Aceh di Final PON 1993 _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Duel Papua vs Aceh di final cabang olahraga sepak bola PON 2020 merupakan ulangan dalam laga puncak PON 1993 yang diwarnai gol unik dari sang pencetak gol terbanyak, David Saidui.

Pertandingan final Papua vs Aceh di Stadion Mandala, Kamis (14/10) bukan pertemuan pertama bagi kedua kesebelasan. Ricky Ricardo Cawor dan kawan-kawan sudah pernah bertemu dengan Akhirul Waldan cs pada babak enam besar.

Lebih jauh lagi, duel tim ujung barat dan ujung timur Indonesia di partai final PON sudah pernah terjadi pada 1993 ketika pesta olahraga nasional berlangsung di Jakarta.

Dalam pertemuan 28 tahun silam, Papua menang 6-3. Salah satu gol Papua, yang saat itu masih bernama Irian Jaya, dilesakkan dengan cara yang tidak biasa oleh David Saidui.

David saat itu memperoleh peluang emas lantaran kesalahan penjaga gawang Zulfan dengan bek Tarmizi. David tak terkawal dan tidak ada kiper yang menghalanginya. Alih-alih langsung menendang, David memilih menghentikan bola di garis gawang dan kemudian menggulirkan bola dengan menggunakan bagian belakang tubuh.

Selain mengantar Papua menjadi juara, David pun menjadi top skor di PON 1993 dengan sembilan gol.

David adalah salah satu pemain yang mengantar Papua untuk kali pertama menjadi juara PON, selain Chris Leo Yarangga, Ferdinando Fairyo, Aples Tecuari, dan Ronny Wabia.


Banner Live Streaming MotoGP 2021

Pemain-pemain jebolan Pusat Penddikan dan Latihan Pelajar (PPLP) angkatan 1986 itu kemudian juga membantu Persipura lolos ke divisi utama Liga Indonesia I pada 1994.

Bahkan Chris Leo, Aples, dan Ronny pun masuk dalam jajaran pemain berlabel Timnas Indonesia pada pertengahan 1990-an.

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)


Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?