Kisah Sukses Alumni IPB Ternak Sapi hingga Raih Omzet Rp20 Miliar! _*

Jakarta

Berawal dari hobi dan coba-coba, pria ini sukses ternak sapi. Ia bisa menjual 1.000 ekor sapi dan mendapat omzet hingga Rp20 miliar!

Memiliki hobi jika ditekuni tidak mustahil bisa mendatangkan kesuksesan dan untung yang besar. Menjalani kegiatan yang disenangi dengan penuh komitmen dan bersungguh-sungguh tidak akan menghianati hasil yang nantinya bisa didapatkan.

Terus mencoba dan tidak takut gagal menjadi kunci utama jika kamu ingin mengawali sebuah bisnis yang dirintis seorang diri. Mulai dari modal yang sedikit dan terus berupaya untuk mengembangkannya bukan hal mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang tanpa komitmen dan kemauan yang keras.

Kesuksesan yang berawal dari hobi ini telah dibuktikan oleh seorang pria yang diketahui memiliki latar belakang pendidikan kehutanan. Berawal dari coba-coba merawat dua ekor sapi, siapa sangka dirinya kini justru berhasil beternak ribuan ekor sapi di kandangnya sendiri.

Baca juga: Akri Patrio Kini Sibuk Berternak Entog, Kambing dan Kerbau

Kisah Sukses Alumni IPB Ternak Sapi hingga Raih Omzet Rp20 Miliar!Kisah Sukses Alumni IPB Ternak Sapi hingga Raih Omzet Rp20 Miliar! Foto: YouTube/Kandangku Official

Mengutip YouTube @kandangkuofficial (19/3), Jimmy yang merupakan lulusan dari Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) kini tengah sibuk mengurus ribuan ekor sapi di kandangnya yang berlokasi di kawasan Bubulak, Bogor. Peternak muda yang sukses ini mengaku awalnya hanya coba-coba karena dirinya senang memelihara hewan-hewan.

Dimulai sejak 2012, Jimmy merawat dua ekor sapi miliknya dengan sangat baik. Banyak hewan-hewan lain selain sapi yang juga dipelajarinya untuk diternak. Tujuh tahun berlangsung, pada tahun 2019, Jimmy tidak menyangka dirinya sukses memenuhi kandangnya dengan ribuan ekor sapi.

“Apalagi untuk momen-momen kurban, kita bisa (menjual) hingga lebih dari 1.000 ekor sendiri. Kira-kira setahun itu bisa sampe 3.000 ekor,” kata Jimmy.

Meski latar belakang pendidikannya berbeda jauh dengan pekerjaannya saat ini, Jimmy mengaku bisa sukses karena menekuni hobi. Ikan, ayam, kelinci, domba hingga sapi pernah dirawat oleh Jimmy dengan tangannya sendiri. Mulai dari mengurus pakan hingga mencari celah untuk menjual hewan ternaknya dilakukan sendiri oleh Jimmy.

Kisah Sukses Alumni IPB Ternak Sapi hingga Raih Omzet Rp20 Miliar!Kisah Sukses Alumni IPB Ternak Sapi hingga Raih Omzet Rp20 Miliar! Foto: YouTube/Kandangku Official

Untuk mengembangkan bisnis ternak sapi miliknya, hanya butuh waktu satu tahun untuk bisa membuat kandang sapi berukuran besar. Kandang pertamanya sendiri ini bahkan bisa menampung 50 hingga 100 ekor sapi.

Menjaga kepuasan konsumen dengan meningkatkan kualitas sapinya, momen Idul Adha menjadi kesempatan emas yang tidak pernah dilepas oleh Jimmy. Mematok harga sapi berkisar Rp16 juta hingga Rp100 juta, semua sapi-sapinya selalu laku di pasaran bahkan hingga diborong oleh penjual-penjual hewan kurban kecil yang menjadi retailernya.

Tidak selalu mulus, kegagalan justru menjadi kunci utama yang membuat Jimmy sukses menjadi peternak sapi seperti saat ini. Tetapi karena dijalankan dengan sungguh-sungguh dan komitmen dirinya kini bahkan bisa meraup omzet hingga Rp20 miliar.

Menjalankan usaha dengan sepenuh hati walaupun hanya merawat hewan menjadi rahasia Jimmy untuk menghasilkan sapi berkualitas tinggi. ia juga mengakui bahwa menjaga nama baik dan kepercayaan pelanggan menjadi penyelamat bisnis ternak sapinya saat terpuruk hingga berkembang pesat.

Baca juga: Aziz Gagap Jarang Tampil di TV, Kini Sibuk Ternak 300 Kambing dan Sapi

Simak Video “Nongkrong dan Minum Santai di kafe Rooftop Tertinggi di Bogor
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)


Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?