Komponen Vaksin COVID-19 Bisa Masuk ke ASI? Ini Faktanya _*

VIVA – Vaksin COVID-19 terbilang cukup baru di dunia medis dengan proses pembuatan yang cukup cepat yakni sejak pandemi berlangsung. Usai ditunggu-tunggu kehadirannya, masyarakat malah meragukan efektivitas vaksin yang sebenarnya sudah terbukti keamanan dan efikasinya.

Keraguan tersebut khususnya datang dari kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, serta ibu hamil dan menyusui. Dikatakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, banyak masyarakat yang ragu dan khawatir akan komponen di dalam vaksin COVID-19.

Dokter Jeff, sapaannya, menuturkan bahwa kekhawatiran itu timbul lantaran banyaknya isu yang beredar akan komponen vaksin yang dianggap berbahaya. Tak sedikit yang menilai komponen berbahaya itu dapat masuk ke Air Susu Ibu (ASI) dan membahayakan bayi. Benarkah?

“Nggak usah takut, ibu menyusui tetap divaksin. Banyak yang bilang akan ada komponen vaksin di ASI dan nanti masuk ke anak, nggak ada, itu tidak benar,” ujar dokter Jeff dalam acara virtual bersama Good Doctor, baru-baru ini.

Ilustrasi ibu menyusui.

Vaksinasi COVID-19 aman bagi Ibu Menyusui sudah dinyatakan aman melalui Surat Edaran Kemenkes RI tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 No. HK.02.02/11/368/2021. Secara biologis dan klinis, menyusui tidak menimbulkan risiko bagi bayi dan anak yang menyusu, serta bayi dan anak yang menerima ASI perah.

“Vaksin yang diberikan pada ibu menyusui, yang masuk hanya antibodi saja. Ini dapat melindungi bayi,” imbuhnya.

Sumber : viva.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?