Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku Berdasarkan Peta, Ini Faktanya _*

Jakarta

Papua dan Maluku adalah 2 kepulauan cantik di timur Indonesia. Mari kita simak kondisi geografis pulau Papua dan Maluku berdasarkan peta. Bagaimana ya?

Papua dan Maluku dianugerahi kekayaan alam yang melimpah. Panorama alaminya juga indah. Keduanya punya kesamaan karakter geografis, yaitu sama-sama berbentuk kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau baik itu berukuran besar maupun kecil.

1. Luas Papua dan Maluku

Dari ukurannya, Pulau Papua menjadi pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Luas pulau Papua tercatat mencapai 786.000 km², lebih besar dari pulau lain di Indonesia.

Namun dari total luasan itu yang menjadi bagian Indonesia hanya sebesar 418.707,7 km². Adapun sisanya menjadi bagian dari Papua Nugini.

Sementara itu, secara keseluruhan Maluku memiliki luas mencapai 31.982,5 km². Dari luas tersebut, perairan menjadi wilayah yang mendominasi, yakni mencapai 76,28%.

2. Batas Papua dan Maluku

Pulau Papua berbatasan langsung dengan laut Filipina di bagian Utara, laut Arafuru dan Banda di bagian Barat, Samudera Pasifik di bagian Timur, dan laut Arafuru di bagian selatan.

Sedangkan untuk Maluku, berbatasan laut di sebelah Utara dengan laut Sulawesi, bagian Barat dengan laut Arafuru dan laut Banda, serta bagian Timur dengan laut Halmahera.

Untuk perbatasan darat, Pulau Papua bagian Utara dengan Samudera Pasifik, Barat dengan laut Arafuru, bagian Timur dengan Papua Nugini, dan bagian Selatan dengan Laut Arafuru dan Australia.

Batas daratan Pulau Maluku dengan laut Seram di bagian Utara, pulau Sulawesi di bagian Barat, pulau Papua di bagian Timur, serta Timor Leste dan Laut Arafuru di bagian Selatan.

Simak Video “Senyum Semringah Jokowi Buka PON XX Papua
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)





Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?