Kongres Sejarawan Muhammadiyah Digelar, Buka Kesempatan Menulis Bagi Masyarakat _*

IBTimes.ID – Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar Kongres Sejarawan Muhammadiyah. Kongres ini disebut sebagai kongres sejarawan pertama yang akan digelar. Acara yang akan dihelat pada 27-28 November 2021 mendatang mengusung tema besar “Sejarah Muhammadiyah dalam Lintasan Zaman”.

Dilansir dari Suara Muhammadiyah, pihak panitia juga menggelar Call for Papers. Penyelenggara membuka kesempatan bagi khalayak umum untuk terlibat menulis dalam Kongres Sejarawan Muhammadiyah tersebut. Undangan ditujukan kepada seluruh pemerhati dan peminat sejarah, pengajar, peneliti, maupun sejarawan akademik

Sub-sub tema yang bisa ditulis bagi para partisipan di antaranya: (1) sejarah lokal Muhammadiyah, (2) biografi tokoh Muhammadiyah, (3) sejarah gagasan Muhammadiyah, (4) perjuangan Muhammadiyah untuk kesejahteraan rakyat, (5) historiografi dan metodologi sejarah Muhammadiyah, (6) relasi Muhammadiyah dengan negara sebelum dan setelah Kemerdekaan, (7) Muhammadiyah memajukan bangsa, serta (8) internasional Muhammadiyah dan gerakan Muhammadiyah global.

Partisipan diminta untuk memilih salah satu dari sub-subtema di atas. Artikel yang ditulis pun boleh ditulis secara individu maupun berkelompok. Jumlah penulis untuk satu artikel adalah empat orang.

Batas waktu pengumpulan naskah lengkap dilakukan pada 1 Oktober 2021. Sepanjang waktu tersebut, partisipan diminta untuk menulis artikel sepanjang 4.000 sampai 7.000 kata. Jumlah kata itu tidak termasuk dengan sumber pustaka atau bibliografi.

Nantinya, bagi artikel yang lolos tahap review akan diumumkan 16 Oktober 2021. Lalu, penulisnya diberikan kesempatan mempresentasikan hasil tulisannya saat acara Kongres Sejarawan Muhammadiyah. Sebelum itu, artikel terpilih diizinkan melakukan revisi sepanjang waktu 17-31 Oktober 2021.

Informasi lebih lanjut mengenai ketentuan penulisan artikel maupun acara Kongres Sejarawan Muhammadiyah bisa langsung menghubungi Ichsan di nomor 0858 6563 4151 dan Zalfa pada 0856 4070 4059.

Reporter: Yusuf

Source : ibtimes.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?