Kopi Kumbi dari Lombok, Cita Rasanya Menembus Pasar Internasional _*

Lombok Barat

Memulai pagi dengan minum kopi sudah jadi keseharian traveler. Satu yang perlu kamu coba adalah kopi Kumbi dari Lombok yang sudah menembus pasar internasional.

Menikmati kopi merupakan trend masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Memulai pekerjaan atau pun saat bersantai tidak lengkap tanpa menikmati segelas kopi. Salah satu jenis kopi yang mampu menggugah selera para penikmat kopi adalah kopi Kumbi khas Lombok Barat.

Menurut Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid, kopi Kumbi dan Kopi Batu Mekar merupakan kopi Lombok yang aroma dan cita rasanya berkelas dunia.

“Dengan aroma dan cita rasa kopi berkelas dunia, membuat penikmat kopi tidak bisa melupakan kopi ini ingin terus menikmati kopi ini setiap saat,” ujar Fauzan saat menemui petani kopi Kumbi di Dusun Kumbi Desa Pakuan Kecamatan Narmada, Lombok Barat, akhir pekan lalu.

Menurut Ketua Komunitas Kopi Lombok, Dody A Wibowo, kopi Kumbi dan kopi Batu Mekar merupakan kopi Lombok yang sangat spesial dan cocok untuk menemani waktu santai.

Kopi Kumbi LombokBupati Lombok Barat bertemu dengan petani kopi Kumbi Foto: (dok. Istimewa/Humas Kab. Lombok Barat)

Dody mengatakan kopi Kumbi ini dapat membuat tubuh lebih fresh dan segar sehingga sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan.

“Cita rasa kopi ini luar biasa membangkitkan selera penikmat kopi dunia, bahkan kopi Kumbi dan kopi Batu Mekar menjadi komoditas ekspor yang diminati pasar internasional,” ujarnya.

Dody menilai, peluang ekspor kopi Lombok ini sangat tinggi sehingga memberikan berkah tersendiri bagi masyarakat petani kopi di Lombok Barat.

“Kopi ini sangat diminati sehingga peluang ekspor menjadi sangat tinggi,” dia menambahkan.

Kedua lokasi tempat kopi ini berada memang terletak di dataran tinggi, dengan medan yang menanjak dan menantang. Namun hal itu tidak menghalangi niat Bupati Fauzan bersama rombongan untuk menemui para petani kopi di dua lokasi tersebut.

Cuaca yang gerimis bahkan diwarnai hujan tidak membuat Bupati mengurungkan niatnya bertemu para petani kopi Kumbi dan memberikan mereka dukungan.

“Ini perjalanan yang luar biasa untuk menyapa petani kopi yang kopinya memiliki cita rasa dunia. Kalau sudah minum kopi Lombok ini, pasti kita tidak akan lupa dan ketagihan. Karenanya saya memotivasi mereka agar terus produktif di masa pandemi ini karena masyarakat dunia menantikan dan menunggu kopi dari kita yang memiliki cita rasa khas,” kata dia.

Simak Video “Menghilangkan Kantuk, Berkunjung ke Kedai Kopi Solong Aceh
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)





Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?