Krisis Chip, Produksi iPhone 13 Bisa Dipangkas 10 Juta Unit _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Apple Inc. “kemungkinan bakal memangkas produksi iPhone 13 sebanyak 10 juta unit” seiring krisis chip global.

Reuters melaporkan hal ini berdasarkan data Bloomberg News, Selasa (12/10), dengan mengutip “para pihak yang mengetahui masalah ini”.

Apple pun diperkirakan cuma memproduksi 90 juta unit model iPhone seri terbaru sampai akhir tahun ini.

Reportaid Apple mengatakan bahwa jumlah unit yang akan diproduksi akan lebih rendah karena pemasok, termasuk Broadcom Inc (AVGO.O) dan Texas Instruments (TXN.O) sedang berjuang untuk bisa mengirimkan komponen bahan dasar pembuatan chip.

Pengurangan jumlah produksi itu juga disebut berkaitan dengan analisa pendapatan Apple dan Texas Instruments yang melemah pada Juli lalu. Saham Apple turun 1,2 persen dalam perdagangan, sedangkan Texas Instruments dan Broadcom turun sekitar 1 persen di hari yang sama yang mengisyaratkan kekhawatiran pasokan chip untuk sisa tahun ini.

Pada Juli lalu, Apple juga memperkirakan pertumbuhan pendapatan yang melambat dan mengatakan bahawa mereka kekurangan chip. Kondisi itu juga membuat Apple memulai untuk mengurangi penjualan Mac dan iPad, termaasuk menghambat produksi iPhone.

Meski begitu, dengan daya beli yang besar dan perjanjian pasokan jangka panjang dengan vendor chip, Apple telah mengatasi krisis pasokan lebih baik daripada banyak perusahaan lain.

Kondisi ini membuat beberapa analis memperkirakan bahwa model iPhone 13 yang dirilis pada bulan September akan memiliki tahun penjualan yang kuat karena konsumen ingin memperbaharui perangkat iPhone mereka untuk jaringan 5G.

Sementara itu, Direktur Riset untuk Counterpoint Research, Jeff Fieldhack mengatakan pemotongan produksi Apple juga bisa menjadi bagian dari proses normal peluncuran seri terbaru iPhone. Itu diakukan dalam upaya untuk mempersiapkan lonjakan minat dan trend pemesanan atas produk tersebut.

Sampai saat ini, Fieldhack menyebut penjualan iPhone 13 tampak cukup bagus bahkan lebih tinggi dari penjualan iPhone 12 tahun lalu. Counterpoint juga tidak mengubah prediksinya untuk penjualan iPhone 13 yang disebut mampu mencapai angka 90 juta barang di kuartal keempat tahun ini.

(TTF/mik)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?