Luncurkan Buku Berjudul ‘Makan’, Chef Michelin Ini Dituding Plagiat _*

Jakarta

Dituduh lakukan plagiarisme, chef restoran berbintang Michelin ini menarik buku yang baru diluncurkannya. Semua kegiatan produksinya juga terpaksa dihentikan.

Kemiripan sering terjadi, termasuk pada penulisan sebuah buku. Gaya bahasa, isi, serta berbagai hal lainnya yang terlihat serupa seringkali membuat sebuah karya dituduh sebagai aksi plagiat atau menggunakan karya milik orang lain tanpa izin.

Tuduhan plagiarisme ini tengah ramai diperbincangkan atas seorang chef asal Inggris. Chef yang restorannya baru meraih bintang Michelin pada 2017 lalu dilaporkan melakukan plagiasi atau menjiplak sebuah buku ke dalam buku yang dirancangnya dan baru saja diluncurkan.

Sukses dengan pencapaiannya sebagai bintang Michelin, seorang chef mencoba melebarkan karirnya dengan menulis sebuah buku. Berisikan resep-resep makanan favoritnya semasa kecil, tetapi chef ini justru dituding melakukan plagiarisme atau meniru penulis buku lainnya.

Baca juga: Resto Steak Salt Bae Digugat atas Pelanggaran Hak Cipta, Ini Sebabnya

Luncurkan Buku Berjudul 'Makan', Chef Michelin Ini Dituding PlagiatLuncurkan Buku Berjudul ‘Makan’, Chef Michelin Ini Dituding Plagiat Foto: Eater/Elizabeth Haigh

Mengutip Eater (12/10), Elizabeth Haigh adalah seorang warga Singapura yang pernah bergabung dalam kompetisi MasterChef di London, Inggris pada tahun 2011 lalu. Restoran yang dikelolanya, Pidgin berhasil mendapatkan bintang Michelin pada tahun 2017.

Ingin membagikan sekaligus mengenang masa kecilnya, Haigh kemudian menulis sebuah buku berjudul ‘Makan’ yang berisikan tentang resep-resep dari Singapura. Tetapi buku rancangannya tersebut dituduh plagiat atau meniru buku dari seorang penulis bernama Sharon Wee.

“Aku menemukan bahwa beberapa resep dan isi dari buku berjudul Makan yang ditulis oleh Elizabeth Haigh menggunakan isi dari buku milikku tanpa izin dan tidak mengubah sedikitpun isinya,” kata Sharon Wee.

Buku berjudul ‘Makan’ yang ditulis oleh Elizabeth Haigh ini dituding menyalin buku berjudul ‘Growing Up in a Nonya Kitchen’ yang ditulis oleh Sharon Wee. Akhirnya tim penyusun dari Elizabeth Haigh langsung menangguhkan peredaran buku berjudul ‘Makan’ tersebut.

Luncurkan Buku Berjudul 'Makan', Chef Michelin Ini Dituding PlagiatLuncurkan Buku Berjudul ‘Makan’, Chef Michelin Ini Dituding Plagiat Foto: Eater/Elizabeth Haigh

Seluruh produksi buku dihentikan, buku-buku ditarik dari penjualan, hingga orang-orang yang telah membeli buku tersebut dianjurkan untuk mengembalikannya. Bahkan untuk mereka yang ingin mengembalikan buku tersebut akan mendapatkan penangguhan dana pembelian buku yang dikembalikan sepenuhnya.

Hingga saat ini, belum ada titik terang antara perdebatan buku tersebut. Sementara itu banyak pembaca yang ikut menyoroti dengan kasus plagiarisme yang terjadi antara Haigh dan Wee.

“Hidangan itu tidak akan bisa terjadi tanpa adanya kesamaan ide, bahan ataupun pencipta. Penyebaran rasa lezat tidak bisa dihiraukan sangat dipengaruhi oleh migrasi dan bahkan keluargaku mengalaminya. Saat orang-orang banyak membuat makanan dengan resep yang sama, makanan akan terasa lebih enak,” kata salah satu pembaca.

Baca juga: Dianggap Plagiat, Chef ‘Dessert First’ Dipecat dari Acara TV

Simak Video “Netizen Indonesia Kecam Menu Nasi Padang Modifikasi Restoran Singapura
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)


Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?