Manfaat Air Kelapa untuk Campak sebagai Pengobatan Alami _*

Kebanyakan orang pasti pernah menderita penyakit campak. Penyakit yang disebabkan oleh serangan virus ini biasanya menyerang anak-anak atau balita usia 1 tahun ke atas dan jika sudah pernah terkena campak maka biasanya orang tersebut tidak akan terkena campak lagi alias kebal selamanya. Penyakit ini tergolong penyakit menular yang disebarkan melalui udara atau percikan liur ketika bersin. Dan ketika orang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun atau belum mendapat manfaat vaksin bagi tubuh maka berkembanglah virus campak tersebut menjadi penyakit campak.

Campak dapat dikenali dengan beberapa gejala seperti demam tinggi, batuk, mata merah, pilek, tenggorokan nyeri, serta yang paling mudah dilihat adalah timbulnya ruam berwarna merah pada kulit. Ruam atau bercak ini ada yang biasa dan ada pula yang menonjol pada kulit. Timbulnya ruam atau bercak biasanya dimulai dari area wajah dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh yang nantinya juga akan hilang dengan sendirinya.

Pada dasarnya tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasi campak. Yang diperlukan adalah istirahat cukup untuk mengembalikan kekebalan tubuh serta meredakan gejala-gejala seperti batuk dan demam yang dialami oelh penderita campak. Misalnya, demam pada penderita campak dapat diredakan dengan menggunakna obat-obatan herbal seperti manfaat telur burung dara, manfaat labu air, serta manfaat labu putih. Bisa juga dengan menggunakan obat-obatan dokter seperti manfaat parasetamol, ibuprofen, asetaminofen, manfaat asam mefenamat, dan manfaat obat neuralgin. Gejala-gejala campak lain juga dapat diredakan dengan obat yang sesuai.

Selain itu penderita campak juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi agar kekebalan tubuhnya kembali prima. Karena seperti yang diketahui timbulnya penyakit campak akibat infeksi virus campak menunjukkan sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun sehingga tidak mampu melawan serangan virus. Pasien campak juga dapat diberi asupan manfaat vitamin A agar penyakit yang dideritanya tidak terlalu parah dan cepat sembuh. Penderita campak juga bisa diberikan antibiotik berdasarkan resep dokter jika diketahui penyakitnya disertai infeksi bakteri.

Salah satu minuman yang dianjurkan dan dipercaya turun-temurun untuk mengatasi campak adalah air kelapa khususnya kelapa muda. Siapa yang tidak kenal dengan minuman enak satu ini? Didapat dari buah kelapa yang masih muda dan dapat langsung diminum atau diracik dengan bahan lain. Dengan rasanya yang enak dan segar air kelapa muda kerap menjadi pilihan banyak orang terutama saat cuaca panas.

Selain enak air kelapa muda juga mengandung banyak kandungan nutrisi seperti lemak, karbohidrat, protein, vitamin C, serta berbagai mineral seperti magnesium, zat besi, dan kalsium. Oleh karena itu jangan heran jika air kelapa muda sering dijadikan obat alami untuk meredakan berbagai penyakit. Ada banyak manfaat air kelapa lainnya bagi kesehatan.

Dalam mengatasi penyakit campak air kelapa berperan sebagai penurun demam sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan lemas yang dirasakan oleh penderita campak. Manfaat air kelapa untuk campak ini juga dapat digantikan oleh obat-obatan alami yang berfungsi untuk meredakan demam seperti yang telah disebutkan di atas sehingga jika tidak ada air kelapa dapat digantikan dengan obat penurun panas lainnya.

Dengan manfaat air kelapa untuk campak, makan makanan bergizi, serta beristirahat total maka penyakit campak yang diderita akan sembuh lebih cepat sehingga anda dapat beraktivitas seperti biasa. Jangan lupa pula untuk memberikan manfaat vaksin campak pada anak untuk mencegah dan meminimalisir timbulnya penyakit ini.

Sumber : manfaat.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

What do you think?