Manfaat Mempelajari Kitab Ta’limul Muta’allim yang Sangat Banyak

Talimul mutaalim adalah suatu kitab yang disusun oleh seorang ulama yang bernama Syekh Az-Zarnuji. Dengan tujuan agar dalam prosesnya belajar Dan mengajar dapat meraih kemanfaatannya.

Seperti yang dikatakan beliau dalam bab muqodimahnya. Hal itu terjadi karena cara mereka menuntut ilmu salah, Dan syarat-syaratnya mereka tinggalkan.

Ini adalah pemersalahan yang terjadi di dunia pendidikan yang dimiliki bangsa kita. Melalui program-programnya pemerintah telah mencoba sumberdaya manusia khususnya dalam bidang Pendidikan.

Cara kita dalam menuntut ilmu masih ada yang salah dan juga kita masih terlalu sering meninggalkan syarat-syaratnya dalam menuntut ilmu. Sementara itu kita terus sama disibukan oleh pelatihan-pelatihan Dan sebagainya.

Ada beberapa Cara dalam menuntut ilmu, yang pertama adalah mengenai niat dalam menuntut ilmu. Kondisi kebanyakan yang berkembang saat ini adalah belajar atau menuntut ilmu.

Masih banyak lagu yang harus kita Kaji dalam kitab talimul mutaalim, diantaranya adalah kesungguhan dalam mencari ilmu, beristiqomah, cita-cita yang luhur, tawakal, waktu belajar San bersikap wara dalam menuntut ilmu. Manfaat mempelajari kitab talimul adalah proses belajar maupun mengajar dapat meraih kemanfaatannya.

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi seorang muslim dan muslimah. Oleh karena itu, dalam menuntut ilmu kita harus memperhatikan kaidah agar kita memeperoleh manfaat dari ilmu yang sudah dipelajari.

Dalam menuntut ilmu,kita perlu untuk menata niat. Niat dalam menuntut ilmu adalah semata mata mencari ridha Allah SWT.

Tidak diperkenankam menuntut ilmu dengan niat untuk mencari pujian atau untuk mencari harta.oleh karena itu kita harusnya tidak terlena akan kemewahan dunia Dan tidak seharusnya menjadi orang sombong.

Sumber : Dalamislam.com
Manfaat Mempelajari Kitab Ta'limul Muta'allim yang Sangat Banyak
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam