Manfaatkan Teknologi, Kunci Radja Cendol Tetap Kokoh Dihantam Pandemi _*

Jakarta – Masa pandemi COVID-19 memaksa berbagai masyarakat untuk memutar otak agar usahanya dapat tetap berdiri kokoh. Tak jarang, banyak pengusaha yang gulung tikar akibat tidak dapat bertahan di masa pandemi. Mereka yang bertahan tentunya memiliki kunci tersendiri. Hal inilah yang dilakukan oleh usaha Radja Cendol.

Radja Cendol adalah bisnis yang bergerak di bidang kuliner yang telah memiliki 800 cabang di seluruh Indonesia. Raja Cendol memiliki daya tarik menggunakan brand positioning sebagai ‘Pelopor Cendol Susu Inovatif Pertama di Indonesia’, serta nama menu-menu yang terkesan unik dan nyeleneh.

Pemilik usaha Radja Cendol, Danu Sofwan, mengatakan ia memiliki kunci tersendiri agar usahanya tetap bertahan, bahkan lebih berkembang di era pandemi. Kunci tersebut yakni memperhatikan sistem data driven.

“Hal dasar yang harus dilakukan adalah tentang memperhatikan data driven di mana dalam hal ini kita berbicara tentang pengelolaan data base dari klien yang kita punya. Hal ini tentunya menjadi penting karena di era saat ini big data menjadi penting,” ujar Danu dalam keterangan tertulis.

advFoto: Danu Sofwan

Danu menambahkan, sistem dine in yang tidak diperbolehkan juga membuatnya beradaptasi kepada bisnis model DRD (Dropshipper – Reseller – Distributor). Mulai dari situ, ia mulai pengaplikasian nyata dan bukti pentingnya data driven di mana ia mulai membangun pasukan DRD melalui email marketing.

“Karena saya sejak awal Radja Cendol berdiri sangat disiplin terhadap pembangunan data base, akhirnya big data yang saya punya (bahkan kami memiliki hingga ratusan ribu data base) bisa menyelamatkan Radja Cendol dalam survival mode-nya,” tambah Danu.

Lebih lanjut, kunci sukses Radja Cendol yang menggunakan data driven serta email marketing jelas sangat berkaitan dengan teknologi. Untuk itu, Danu memaksimalkan data driven serta email marketing dengan membangun dan menggunakan aplikasi yang bernama Randol Apps.

“Di situ, calon mitra bisa mengisi data dan company profile, bisa tahu apapun tentang Randol dan tentu untuk membangun loyalty member atau loyalty card. Pembeli bisa mendapatkan stempel yang kemudian bisa mereka tukarkan dengan hadiah hadiah tertentu,” tutur Danu.

Meski begitu, hal yang paling penting yang dapat menjadi pembeda bisnis Radja Cendol dengan yang lainnya adalah tentang pengelolaan sosial media. Menurutnya, pengelolaan yang terus dibangun melalui campaign yang cocok dengan target market akan membuat bisnisnya berkembang lebih pesat.

Selain itu, kemudahan teknologi juga jelas tidak lepas dari berbagai kendala. Salah satu kendala yang membuat Danu cukup kelimpungan adalah ketika koneksi internet tidak berjalan dengan lancar. Padahal saat itu ia harus membentuk campaign massif, yang tentunya harus memiliki dukungan dari internet stabil dan cepat, lancar, serta jaringan dan jangkauan yang luas.

Untungnya, ia sempat direkomendasikan oleh salah satu sahabatnya menggunakan salah satu provider yang terbukti bisa menjadi solusi konkret Danu dalam menghadapi permasalahan yang ia hadapi.

“Akhirnya saya mencoba dan ternyata memang terbukti ampuh untuk menyelesaikan masalah ini, jika boleh merekomendasikan. Saya merekomendasikan Telkomsel Orbit yang memang menjadi solusi konkret saya ketika menghadapi permasalahan jaringan internet yang justru menjadi hal penting di era saat ini,” pungkas Danu.

Kesuksesan Radja Cendol terbukti tidak lepas dari peran teknologi dan koneksi internet yang kuat. Untuk itu, bagi kamu para pengusaha yang juga ingin sukses seperti Danu dengan Radja Cendolnya, pilihlah provider internet rumah dengan perangkat modem yang memberikan pengalaman berinternet yang stabil dan sudah termasuk kuota 150 GB selama 6 bulan. Info produk lebih lanjut, klik di sini.


(adv/adv)

Sumber : detik.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?