Masak Hot Pot Pakai Sawi Ungu, Pria Ini Bengong Lihat Hasilnya _*

Jakarta

Seorang pria membeli sawi ungu untuk dijadikan campuran hot pot, tapi ia justru terkejut dengan warna kuah dan sayuran lain yang berubah drastis menjadi ungu. Hot pot ungu ini pun membuatnya bengong.

Kol dan sawi ungu sudah mulai banyak ditemukan di pasaran. Tapi belum banyak yang tahu kalau sayuran ini bisa memberi warna ungu eksotis pada masakan, terutama untuk jenis sup. Beberapa orang punya pengalaman mengejutkan saat pertama kali memasak kol dan sawi ungu.

Dilansir dari Grapee (21/10) seorang pria asal Jepang mencoba membeli sawi ungu sebagai campuran dalam hot pot yang akan dibuatnya. Pria bernama Azunyoro menceritakan pengalaman uniknya ini lewat Twitter @azyo0607.

Masak Hot Pot Pakai Sawi Ungu, Pria Ini Bengong Lihat Hasilnya Foto: Grapee

Di Jepang, sawi ungu ini dikenal dengan sebutan murasaki hakusai atau papuru hakusai. Sawi ungu ini terbilang sayuran langka karena hanya sedikit supermarket dan pedagang sayur yang menjualnya.

Diceritakan lewat twitternya, Azunyoro sangat senang menemukan kubis yang tidak biasa ini karena menurutnya punya warna menarik. Ia memutuskan untuk membeli sawi ungu ini sebagai campuran hot pot sayuran favoritnya.

Ia juga membeli sayuran pelengkap lain seperti sawi hijau, jamur enoki dan sayuran lainnya. Ketika dimasak bersamaan, kuah kaldu hot pot buatan Azunyoro langsung berubah menjadi ungu tua.

“Sawi ungu, sungguh tidak biasa. Ayo coba di hot pot…” kata Azunyoro lewat twitternya.

Sebenarnya ia tidak melakukan kesalahan apa pun dalam proses memasak tetapi gambar-gambar yang ditampung lewat twitternya seolah menunjukkan kesan kegagalan memasak. Meskipun tampilannya aneh dan tidak menggugah selera, tapi percayalah kalau rasa sawi ungu ini tetaplah enak.

Selain enak, sawi ungu ini juga kaya akan khasiat kesehatan. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa sawi ungu mengandung anthocyanin yakni antioksidan yang juga berperan sebagai pemberi pengaruh warna ungu dan biru.

Gambar hot pot buatan Azunyoro ini kemudian menjadi viral, dan mengumpulkan hampir 130.000 tanda suka dan lebih dari 35.300 retweet dari netizen.

“Mungkin enak, tapi kelihatannya seperti makanan beracun.”

“Secara visual, itu terlalu berlebihan. Di satu sisi, itu mungkin hidangan yang bagus untuk diet”

“Apakah itu minuman penyihir? Sepertinya hidangan Halloween yang enak!”

Tak hanya di Jepang, netizen Indonesia pun pernah punya pengalaman serupa saat membuat sayur sop menggunakan kol ungu. Lewat Twitter @foodfess2 seorang netizen membagikan foto sayur sop dengan kuah ungu. “Aku buat sop pake kol ungu jadinya malah kayak gini :(” tulis pemilik akun.

Tampak seluruh sayuran berubah menjadi ungu, termasuk kentang, kol, kembang kol bahkan ceker dan daging ayam dalam sop ini pun berubah warna menjadi ungu. Tentu sayuran berwarna ungu ini masih menjadi hal yang aneh dan langka karena belum banyak yang berpengalaman mengolahnya menjadi makanan.

Simak Video “Bikin Laper: Rekomendasi Empal Daging yang Empuk dan Renyah di Tebet
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)


Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin