in ,

Memilih Pasangan, Ini 4 Hal Yang Harus Diperhatikan _*

KETIKA seorang pria memilih pasangan hidup (seorang istri), dia seringkali dipengaruhi oleh tiga hal: apa yang dia rasa dia inginkan, apa yang dirasakan keluarganya adalah yang terbaik dan apa yang benar-benar terbaik untuknya. aliran ini.

Nabi SAW mengatakan: “Perempuan dinikahi lantaran empat hal; yakni hartanya, garis keturunannya, kecantikannya dan agamanya, maka dapatkanlah wanita yang memiliki agama. Rugi engkau (bila tidak melaksanakan apa yang aku perintahkan).” (HR. al-Bukhari)

BACA JUGA: Tips agar Mendapatkan Pasangan Ideal

Meski keputusan seseorang untuk menikah juga kerap dilandasi faktor perasaan atau emosi, pertimbangan logis juga tetap harus  diperhatikan. Ada beberapa poin penting yang harus digarisbawahi sebelum bertemu dengan calon pasangan dan mengambil keputusan untuk menikahinya.

Sejalan dengan hadis nabi, berikut 4 hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin memilih pasangan hidup:

1 Komitmen Agama

Ada kepercayaan umum di antara pria Muslim bahwa menikahi wanita yang baik dan saleh akan membantu mereka menjadi Muslim yang lebih baik. Itu sangat mungkin, tetapi pada kenyataannya hanya Anda yang dapat menjadikan diri Anda orang yang lebih baik. Sebab secara teknis jika Anda tidak bergerak untuk melaksanakan ibadah, ya apa bedanya?

Selain itu, religiusitas seseorang bukan hanya terlihat dari penampilan. Anda harus bisa melihat melampaui hijab dan abaya untuk mengetahui apakah Anda memiliki tingkat religiusitas yang hampir sama dengan calon pasangan Anda? Apakah kalian berdua sama-sama rajin ibadah? Apakah kalian berdua suka membaca Al-Qur’an? Apakah dia menikmati menjadi bagian dari komunitas Muslim?

Pastikan komitmen keagamaan Anda dan dirinya saat ini sejalan untuk bisa tumbuh bersama.

BACA JUGA: Bagaimana bisa Anda Mencintai Pasangan Hidup Anda, Jika Anda Belum Bisa Mencintai Diri Anda Sendiri?

2 Karakter Baik

Penekanan pada karakter wanita sangat dihargai di kalangan Muslim karena kita tahu dia adalah tulang punggung umat, sebagai pengasuh utama anak-anaknya dia akan mewariskan karakternya kepada mereka. Penting untuk membangun keluarga Anda dengan wanita yang berkarakter baik.

Penting juga bagi Anda untuk menghargai kepribadiannya karena Anda akan benar-benar menjadi tim dalam upaya ini. Lihat bagaimana dia berinteraksi dengan berbagai jenis orang, apakah dia selalu baik dan penyayang? Apakah dia tampak jujur ​​atau apakah bahasa tubuhnya menunjukkan sebaliknya? Dengarkan insting Anda dan jangan abaikan tanda bahaya.

3 Nilai Bersama

Tanyakan pada diri sendiri apa tujuan hidup Anda dan bagaimana Anda akan mencapainya? Apakah Anda berencana untuk menghabiskan banyak waktu bersama anak-anak Anda atau apakah memperoleh kekayaan lebih penting bagi Anda? Pertimbangkan bagaimana pasangan Anda dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Saat Anda bertemu dengan calon pasangan, tanyakan kepada mereka tentang tujuan hidup dan kebutuhan gaya hidup mereka. Apakah dia ingin bepergian, sering-sering menghibur teman atau tidak sama sekali? Apakah dia ingin selalu bekerja? Apakah Anda dapat membantunya mencapai tujuannya? Kenali hal-hal tersebut untuk dapat saling memahami satu sama lain.

BACA JUGA: Bagaimana Rasul Memilih Pasangan?

4 Ketertarikan

Ini pasti menjadi poin yang sulit bagi kebanyakan orang. Penting untuk bersikap realistis. Ketahuilah bahwa pertama-tama Anda tidak berhak atas kesempurnaan, tetapi ketertarikan juga tidak terjadi semata-mata berdasarkan penampilan fisik – Anda harus menyukai istri Anda dan juga menganggapnya menarik secara fisik.

Selain memiliki daftar periksa untuk membuat Anda tetap di jalur yang benar saat memilih pasangan, Anda juga dapat mendengar saran dan pertimbangan dari anggota keluarga atau orang kepercayaan yang baik yang mengenal Anda dengan baik. []

SUMBER: ABOUT ISLAM

Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *