Mengenal Para Penjelajah Muslim Abad Pertengahan (2) _*

Penjelajah Muslim membuat deskripsi tentang tanah yang mereka lewati.

REPUBLIKA.CO.ID, 


Ibn Khurradadhbih di abad ke-10


Dia adalah seorang pedagang. Dalam bukunya, Book of Roads and Provinces, dia menuliskan gambaran jalur perdagangan utama dunia Muslim, mengacu pada China, Korea, dan Jepang. Dia menggambarkan pantai Asia selatan sampai Sungai Brahmaputra, Kepulauan Andaman, Malaya, dan Jawa. Ibn Khurradadhabih meninggal pada 912.


Ibn Fadlan dari abad ke-10


Ibn Fadlan adalah seorang penulis sejarah Arab. Pada 921, khalifah Baghdad mengirimnya dengan misi diplomatik ke raja Bulgaria dari Volga Tengah. Dia menulis kisah perjalanannya, dan ini disebut Risalah. Seperti Rihla milik Ibnu Batutah, Risalah sangat berharga karena menggambarkan tempat dan orang-orang di Eropa utara, khususnya orang yang disebut Rus dari Swedia.


“Saya telah melihat Rus [/ Viking] saat mereka datang dalam perjalanan perdagangan mereka dan berkemah di Volga. Saya belum pernah melihat manusia dengan fisik yang lebih sempurna, setinggi pohon kurma, pirang dan kemerahan; mereka tidak mengenakan tunik atau kaftan, tetapi para pria mengenakan pakaian yang menutupi satu sisi tubuh dan membiarkan tangannya bebas,” tulis Ibn Fadlan.


Yaqut al-Hamawi, abad ke-13


Yaqut adalah ahli geografi yang menulis Dictionary of Countries. Buku ini berisi berbagai negara, wilayah, dan kota-kota yang ia kunjungi. Semua itu ia tulis berdasarkan alfabet. Dia menuliskan lokasi persisnya. Ada pula penjelasan mengenai monumen, sumber-sumber, sejarah, populasi, dan tokoh terkemuka di masing-masing wilayah.


Zakariya ‘ibn Muhammad al-Qazwini, abad ke-13


Dia meninggalkan catatan tentang makhluk luar biasa yang berkembang biak di Laut China, terutama ikan yang sangat besar (mungkin paus), kura-kura raksasa, dan ular yang mengerikan, yang mendarat di pantai untuk menelan kerbau dan gajah utuh. Tulisan tersebut merupakan hasil dari perjalanannya melintasi banyak wilayah.


Ibn Sa’id al-Maghribi, abad ke-13


Dia memberikan garis lintang dan garis bujur dari setiap tempat yang dia kunjungi. Dia banyak menulis tentang pulau-pulau di Samudra Hindia dan kota-kota pesisir India.


Bersambung…

Sumber : republika.co.id

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?