Mengenal Triops, Hewan Aneh Matanya Ada Tiga

Jakarta

Ratusan hewan bermata tiga menampakkan diri pada musim hujan akhir Juli di Arizona utara, Amerika Serikat. Hewan ini disebut triops, hewan zaman purba yang masih hidup hingga sekarang.

Triops sejatinya adalah binatang sejenis udang yang hidup di air tawar dan lahir dari telur-telur kecil. Kadang-kadang, ia disebut sebagai udang kecebong, udang perisai, atau udang dinosaurus.

Mereka biasa hidup di kolam atau genangan berair tawar dan tempat-tempat lain yang cukup tinggi datarannya. Boleh dibilang, triops adalah fosil yang hidup karena penampilan luarnya tidak banyak berubah sejak periode Trias. Spesies ini sudah bertahan sejak sekitar 200-350 juta tahun yang lalu.

Mengutip dari berbagai sumber, nama “triops” berasal dari bahasa Yunani, yang artinya “tiga mata”. Hewan ini diklasifikasikan sebagai krustasea (crustacea) atau hewan air yang berkulit keras.

Hewan ini masuk ke dalam genus krustasea kecil dalam ordo Notostraca. Mereka hidup di kolam musim semi di Afrika, Australia, Asia, Amerika Selatan, Eropa, dan beberapa bagian Amerika Utara.

Bentuk fisik triops seperti bentuk trilobites (jenis antropoda laut). Walaupun mirip, triops berbeda dengan trilobites. Masa hidup triops biasanya antara 1-3 bulan, dan mempunyai panjang tubuh 5cm.

Umur triops yang pendek juga dikarenakan di alam liar, triops biasa tinggal di kolam atau genangan air yang biasanya cepat mengering. Namun sebelum benar-benar kering, triops akan bertelur dan mengubur telur di dasar pasir atau tanah.

Uniknya, telur triops bisa “di-pause” ketika genangan air mulai kering. Telur-telur ini baru akan menetas bila hujan turun dan mulai membuat genangan air kembali. Bahkan, telur-telur triops bisa bertahan hingga 30 tahun tanpa air. Itulah kenapa triops bisa bertahan hidup hingga kini.

Rupanya, ada juga jenis triops yang dipelihara. Telur-telur triops banyak dijual di beberapa toko online luar negeri maupun Indonesia. Telur tersebut nantinya dimasukkan ke dalam aquarium berisi air, diaduk-aduk dan tunggu hingga menetas. Telur triops akan menetas dalam waktu 24 jam, dan triops bisa diberi makan cacing darah.

Simak Video “Polisi Tangkap Pedagang Satwa Langka di Media Sosial
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

Sumber : detik.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?