Menyimpan Wortel agar Segar Tahan Lama, Berikut Tipsnya _*

Menjaga kesegaran wortel tak cukup hanya menyimpannya begitu saja di lemari es.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang hampir ada di setiap kulkas rumah tangga. Untuk menjaganya tetap segar, wortel biasa disimpan dengan plastik atau wadah tertutup.


Namun ternyata, menyimpan wortel dalam air di lemari es dapat mempertahankan kesegarannya. Dilansir dari Well and Good pada Selasa (12/10), berikut cara menyimpan wortel di dalam kulkas untuk menjaganya tetap renyah dan segar.


 


1. Potong bagian atas wortel


Secara teknis, setiap bagian wortel bisa dimakan. Tetapi, batangnya harus dibuang untuk memastikan akarnya tetap segar selama mungkin. Ini karena bagian atas hijau menyedot kelembapan dari wortel itu sendiri. Namun, alih-alih membuang batangnya, Anda dapat menggunakannya dalam sup atau ditumis.


2. Siapkan air rendaman


Setelah memisahkan akar dari batang, siap masukkan wortel ke dalam lemari es. Untuk hasil terbaik, ambil kantong plastik atau wadah tertutup yang bisa ditutup, masukkan wortel ke dalamnya, dan isi penuh dengan air. 


Setiap empat hingga lima hari (atau setiap kali air terlihat keruh), buang dan isi kembali kantong atau wadah itu. Meskipun ini umumnya metode yang disarankan untuk wortel segar belum dikupas, cara ini juga dapat diterapkan untuk wortel bayi (wortel mini) yang sudah dikupas dan dibeli di toko.


3. Jauhkan buah-buahan yang menghasilkan gas etilen


Jika wortel memiliki musuh utama, maka itu adalah buah penghasil gas etilen. Buah-buahan yang bisa menyebabkan pisang terlalu matang itu juga bisa membuat wortel menjadi lunak. Ingat, musuh wortel di kulkas adalah apel, pir, dan alpukat. Jadi, pastikan untuk menyimpan wortel jauh dari buah-buahan ini di lemari es.


Sumber : republika.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?