Menyoal Bedak Tabur untuk Atasi Iritasi di Selangkangan Bayi_*

Jakarta, CNN Indonesia —

Ketika pantat dan selangkangan bayi mulai ruam iritasi, ibu-ibu biasanya langsung mengambil bedak bayi tabur. Mereka percaya bedak tabur bisa menyembuhkan iritasi yang terjadi di kulit si kecil.

Hal ini juga biasanya dilakukan setelah memandikan atau mengganti popok si kecil.

Namun sebenarnya, bolehkah memberi bedak bayi tabur di selangkangan atau pantat bayi?

Dokter Spesialis Anak, Andreas mengatakan pemberian bedak tabur di area pantat dan selangkangan tidak dianjurkan apalagi saat area ini mengalami iritasi atau ruam kulit.

“Nanti kalau ditambah bedak bikin benyek (basah), area ini juga sering berkeringat,” kata Andreas dalam acara Virtual Press Launch Merries Skin Protection yang digelar secara daring, Selasa (12/10).

Kondisi basah ini kata dia bisa menjadi sarang dan tempat tumbuhnya bakteri. Alih-alih menggunakan bedak, akan lebih baik jika menggunakan kompres air hangat dan krim pelembap.

“Kalau ada ruam, kompres pakai air hangat, jangan dikasih bedak tabur. Jaga kelembapan kulit bayi juga bisa pakai krim bayi,” katanya.

Melansir dari What To Expect, bedak bayi seharusnya berbahan dasar bedak mineral, yang mengandung unsur magnesium, silikon, dan oksigen. Bahan-bahan ini bisa menyerap kelembapan dan mengurangi gesekan kulit-ke-kulit dan tentu bisa membantu mencegah ruam, termasuk ruam popok.

Tapi saat ini banyak bedak bayi di pasaran justru tidak mengandung bedak sama sekali. Banyak bubuk “bebas bedak” dibuat dengan tepung jagung. Oleh karena itu, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan tidak menggunakan bedak bayi karena bayi tidak benar-benar membutuhkannya dan terkadang dapat mengiritasi kulit bayi yang masih sensitif dan halus.

AAP juga mengatakan bedak bayi bisa berbahaya bagi si kecil jika banyak terhirup. Terlebih lagi, ada kekhawatiran apakah penggunaan bedak dalam jangka panjang di dekat garis bikini atau area genital dapat menempatkan wanita pada risiko kanker ovarium yang lebih tinggi.

(tst/chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : cnnindonesia.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?