Microsoft Sebutkan Windows 11 Adalah Versi Windows Paling Aman _*

Suara.com – Microsoft baru saja meluncurkan sistem operasi Windows 11 untuk semua pengguna di dunia. Perusahaan ini menyatakan bahwa Windows 11 adalah Windows teraman yang pernah mereka buat.

Hal ini dikarenakan Windows 11 mengharuskan perangkat memiliki TPM 2.0 untuk menginstal sistem operasi tersebut. Menurut Microsoft, TPM ini merupakan komponen penting untuk melindungi keamanan perangkat.

TPM atau Trusted Platform Modules adalah sebuah chip yang terintegrasi ke dalam motherboard PC atau ditambahkan secara terpisah ke dalam CPU.

Windows 11. [Windows]
Windows 11. [Windows]

TPM ini bertujuan untuk melindungi kunci enkripsi, kredensial pengguna, dan data sensitif lain di balik penghalang hardware. Sehingga, malware maupun hacker tidak bisa mengakses atau merusak data tersebut.

Baca Juga:
Mulai Hari Ini Windows 11 Sudah Tersedia di Indonesia, Bisa Diunduh Gratis

TPM 2.0 ini memungkinkan fitur-fitur pengaman seperti Windows Hello, enkripsi perangkat, virtualization-based security (VBS), hypervisor-protected code integrity (HVCI), dan secure boot.

Perlu diketahui, TPM 2.0 ini biasanya sudah ada jika pengguna membeli perangkat baru. Cara cek TPM bisa dilakukan dengan Settings > Update & Security > Windows Security > Device Security.

Microsoft mengatakan kombinasi fitur itu terbukti mengurangi malware hingga 60 persen. Dengan alasan ini, perusahaan mengklaim bahwa Windows 11 adalah Windows paling aman.

Sebagai contoh, jika pengguna menyalakan PC atau laptop, Windows 11 menggunakan beberapa lapisan keamanan aplikasi untuk melindungi data penting dan integritas kode aplikasi. Fitur keamanan ini sudah diaktifkan secara bawaan (default) di Windows 11, sehingga memastikan perangkat tetap aman setiap saat.

Microsoft menyatakan bahwa password online adalah target utama dalam serangan siber. Dalam catatannya, sebanyak 579 serangan di password terjadi setiap detik dan 18 miliar serangan terjadi setiap tahun.

Baca Juga:
Sudah Bisa Diupdate Hari Ini, Berikut 3 Langkah Mudah Download Windows 11

Oleh karenanya, Windows 11 juga menghadirkan perlindungan tanpa password sebagai alternatif agar perangkat lebih aman. Sebagai pengganti, akun Microsoft bisa diakses dengan aplikasi Microsoft Authenticator app, Windows Hello, ataupun kode SMS.

Sementara untuk perlindungan cloud, Windows 11 hadir dengan beberapa alat (tools) yang memungkinkan pengguna bisa mengatur akses ke akun pribadi ataupun perusahaan.

Microsoft menyebutkan bahwa fitur seperti login sekali dan multi-factor authentication sudah diaktifkan oleh Azure Active Directory (Azure AD). Ini membantu melindungi pengguna cloud dari 99,9 persen serangan siber.


Sumber : suara.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?