Minum Teh Saat Sahur Bikin Cepat Haus? Ini Faktanya! | Alhamdulillah Ya Mughni Shollu Alan Nabi

[ad_1]

Muslimahdaily – Teh manis telah lama menjadi sajian minuman bagi masyarakat Indonesia. Minuman yang satu ini kerap disajikan di berbagai kesempatan.

Nyataya di bulan Ramadhan, teh tetap menjadi teman setia menu sahur masyarakat Indonesia. Bagi sebagian orang, rasanya sahur kurang lengkap jika tidak minum teh.

Di sisi lain, ada pendapat mengenai kandungan di dalam teh yang justru akan membuat seseorang merasa cepat haus bila diminum di saat sahur. Lantas bgaimana faktanya?

Dilansir dari Kumparan, menurut jurnal Departmenof Food Science and Human Nutrition, Universitas Illinois tahun 2010, satu cangkir teh mengandung 100-200 mg kafein. Sementara itu, kafein sendiri bersifat diuretik yang mana dapat meningkatkan laju urinasi. Sehingga akhirnya tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan tubuh daripada biasanya dan meningkatkan resiko dehidrasi.

Lebih lanjut, mengonsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menyebabkan tubuh cepat lelah saat berpuasa. Hal tersebut dikarenakan kafein akan merangsang timbulnya hormon adrenalin yang akan membuat tubuh segar selama 6 jam. Namun setelah efek tersebut hilang, tubuh akan terasa lebih lelah.

Walau demikian, bukan berarti teh tidak boleh dikonsumsi saat sahur. Menurut dr. Ainun Mardhiah, dokter umum yang bekerja di Rumah Sakit Yarsi menuturkan bahwa minum teh saat sahur tetap direkomendasikan.

Hal tersebut lantaran teh manis juga mengandung sumber gizi yakni gula yang dibutuhkan tubuh untuk membuat energi. Dengan adanya energi tersebut, tubuh akan mampu melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

“Tetep direkomnedasikan, karena teh manis kan ada gula juga, gula masih diperlukan untuk kita sahur untuk energi selama kita berpuasa,” tutur dr Ainun pada saat Instagram Live bersama Muslimahdaily, Ahad (26/4) lalu.

Menurut dr Ainun, teh manis boleh dikonsumsi saat berpuasa dengan catatan bahwa teh hanya pendamping atau tambahan. Sementara itu, tubuh harus tetap diberi asupan air putih sebanyak 8 gelas sehari di luar dari minuman tambahan seperti teh dan kopi.

“Kalau prinsipnya untuk tambahan, dia ngak masalah, yang penting jangan lupakn utamanya, yaitu 8 gelas iair putih,” tambahnya.

[ad_2]
Source : muslimahdaily.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin