Muntahan Lubang Hitam Mirip Letusan Gunung Berapi di Bumi _*

VIVA – Gelembung gas yang dilepaskan oleh lubang hitam (black hole) menyebar melintasi jarak yang sangat jauh dari ruang intergalaksi mempengaruhi pembentukan bintang yang jaraknya ribuan tahun cahaya dari sumbernya, menurut sebuah studi baru.

Para astronom tahu bahwa lubang hitam menarik materi dari lingkungan mereka karena tarikan gravitasi yang kuat. Mereka juga sebelumnya mendokumentasikan bahwa beberapa dari materi ini, kemudian lolos dalam bentuk pancaran partikel bermuatan yang menyembur keluar dengan kecepatan cahaya dari kutub lubang hitam.

Dalam studi baru ini mereka berhasil mendokumentasikan secara rinci bagaimana bahan yang dikeluarkan ini menyebar ke seluruh ruang intergalaksi selama ratusan ribu tahun cahaya, seperti dikutip dari laman Space, Jumat, 22 Oktober 2021.

Prosesnya mirip dengan cara awan abu dari letusan gunung berapi di Bumi menyebar melalui atmosfer dan mempengaruhi cuaca di benua yang jauh dari tempat kejadian, kata para ilmuwan dalam sebuah pernyataan.

“Penyelidikan kami menunjukkan bagaimana gelembung gas yang keluar dari lubang hitam menciptakan struktur, cincin, dan filamen berbentuk jamur yang mirip dengan letusan gunung berapi yang kuat di Bumi,” kata Peneliti Marisa Brienza.

Lubang hitam.

Wawasan baru ini berkat pengamatan radio oleh Low Frequency Array (LOFAR) dan teleskop ruang angkasa eROSITA. Gelembung gas yang diamati dalam penelitian ini berasal dari lubang hitam di pusat kelompok galaksi Nest200047.

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?