Para Ulama memasukkan perbuatan tajassus ke dalam deretan dosa besar, sebagaiman… | Astaghfirullah



Para Ulama memasukkan perbuatan tajassus ke dalam deretan dosa besar, sebagaimana Imam Adz-Dzahabi dalam kitab al-Kabair dan Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab az-Zawajir.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Setelah penjelasan lengkap mengenai pengertian, hukum, dan akibat dari perbuatan tajassus yang kami bahas dalam video di atas, ternyata ada loh bentuk prasangka yang dibolehkan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dari Zaid bin Wahab, ia berkata, Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu telah didatangi oleh seseorang, lalu dikatakan kepadanya, “Orang ini jenggotnya bertetesan khamar.” Ibnu Mas’du pun berkata, “Kami memang telah dilarang untuk tajassus (mencari-cari kesalahan orang lain). Tapi jika tampak sesuatu bagi kami, kami akan menindaknya.” (HR. Abu Daud no. 4890. Sanad hadits ini dhaif menurut Al Hafizh Abu Thohir, sedangkan Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanadnya sahih).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Bentuk tajassus yang dibolehkan ini dilakukan jika mempunyai manfaat besar pada masyarakat dan kaum muslimin. Misalnya penyelidikan sindikat perdagangan khamar, narkotika, perdagangan manusia, dan sebagainya yang bisa dilakukan oleh aparat penegak hukum agar tercipta kedamaian di lingkungan masyarakat.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga pembahasan ini bermanfaat 🙂

Silakan follow link Rumaysho di IG:
@rumayshocom | @rumayshocomstore | @ruwaificom | @rumayshotv | @mabduhtuasikal | @muslimmyway | @rofifkids | @parentingruqoyyah
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
#rumaysho
#rumayshocom
#ustadzabduhtuasikal
#rumayshoTV

 

//www.instagram.com/embed.js

Sumber : Instagram / rumayshocom

Alhamdulillah yarham umat Muhammad. Allohumma Sholli Wa Sallim Wa Barik ‘ala Nabiyina Muhammad. Subhanalloh Wa Alhamdulillah Wa Laailaaha illa Alloh Allohu Akbar. Astaghfirullah Lilmuslimin Wal Muslimat. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, semoga jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin.





Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Leave a Reply