Pemerintah Luncurkan Peta Mangrove Nasional Tahun 2021 _*

VIVA – Usai dilakukan pemutakhiran peta sejak tahun 2013, pemerintah akhirnya dapat meluncurkan Peta Mangrove Nasional tahun 2021. Peluncuran dilakukan di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta pada Rabu kemarin.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan mengatakan pengelolaan mangrove perlu dilaksanakan secara terintegrasi dengan perencanaan yang baik, melalui strategi pengelolaan mangrove yang lebih baik ke depan. 

Untuk itu, dia berharap usai diluncurkanya Peta Mangrove Nasional (PMN) ini pemeliharaan, rehabilitasi, konservasi, dan perawatan ekosistem mangrove bisa dipercepat agar target dapat tercapai.

“One map mangrove ini merupakan langkah tepat untuk terus maju bekerja merehabilitasi mangrove sesuai agenda Presiden. Kita Programkan untuk G20 juga,” ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Kamis 14 Oktober 2021.

Baca juga: Jokowi Akan Boyong Pemimpin G20 Datang ke Lokasi Ini pada 2022

Sementara itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat ini ditunjuk sebagai penanggung jawab dalam penyusunan peta tematik mangrove berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan kebijakan satu peta pada tingkat ketelitian 1:50.000. 

Penyusunan PMN 2021 telah melewati serangkaian tahapan yang komprehensif, mulai dari koordinasi penyusunan juknis dan kunci interpretasi, Penyiapan citra satelit dan peta pendukung, Pra-pemrosesan, Interpretasi citra secara visual, pengendalian mutu tahap I, penentuan titik sampel untuk cek lapangan, cek lapangan, perbaikan hasil interpretasi berdasar cek lapangan, pengendalian mutu tahap II, kompilasi, analisis dan tabulasi, penyusunan laporan dan pembuatan layout peta, sampai dengan Penetapan Peta Mangrove Nasional.

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?