Penyebab Sering Ngantuk Dalam Islam

 

Kantuk merupakan salah satu efek yang ditimbulkan akibat kelelahan dan kurang istirahat. Manusia harus mengistirahatkan tubuh minimal 6 jam sehari. Kurang dari itu, bisa berakibat buruk pada tubuh. Kantuk ditandai dengan menguap. Namun, terkadang meskipun sudah beristirahat dengan cukup, rasa kantuk kerap kali datang. Hal ini jelas mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih jika dalam pekerjaan kita dituntut untuk selalu tampil segar sepanjang hari. Maka, rasa kantuk harus segera diatasi.

Sebelum Anda memutar otak untuk mencari solusi yang tepat, ketahui terlebih dahulu penyebab yang menimbulkan rasa kantuk tersebut. Nah, berikut ini penyebab sering ngantuk dalam Islam yang perlu Anda ketahui.

Pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari pastilah memerlukan tenaga dan pikiran, sehingga energi dalam tubuh akan menurun setelah seharian beraktivitas. Timbulnya rasa kantuk merupakan sesuatu yang wajar dan beristirahat yang cukup adalah solusi yang tepat.

“Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah” (HR Ahmad)

Namun, jangan berkeluh kesah karela lelah akibat bekerja, karena jika kita melakukannya ikhlas karena Allah maka Dia akan memberikan keberkahan bagi kita.

Setiap harinya tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup, minimal 8 gelas air putih sehari. Air tersebut sangat penting fungsinya bagi tubuh. Salah satunya untuk mengembalikan cairan tubuh dan membuatnya siap untuk menjalani aktivitas. Dalam arti lain, air membuat tubuh semakin hidup. Seperti yang tertulis dalam firman-Nya berikut ini.

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقاً فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. 21: 30).

Perhatikan bagaimana cara minum yang baik dan benar seperti yang diriwayatkan dalam hadits berikut ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad No. 8135)

Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan karena segala sesuatu yang melampaui batas itu berakibat tidak baik. Mengonsumsi makanan terlalu banyak dapat meningkatkan kebutuhan insulin dalam tubuh. Sedangkan pankreas tidak mampu memenuhinya. Akibatnya tubuh kelelahan menahan beban dan timbullah rasa kantuk.

Dari Miqdam bin Ma’di Karib Radhiyallahu ‘Anhu, berkata: Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

مَا مَلَأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ ؛ بِحَسْبِ ابْنِ آدَمَ أُكُلَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ ؛ فَإِنْ كَانَ لَا مَحَالَةَ فَثُلُثٌ لِطَعَامِهِ وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

Tidak ada wadah yang dipenuhi anak Adam yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah anak Adam mengkonsumsi beberapa suap makanan untuk menguatkan tulang rusuknya. Kalau memang tidak ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk (tempat) makanan, sepertiga untuk (tempat) minuman dan sepertiga untuk (tempat) nafasnya.” (HR. Ahmad, Tirmizi dan Ibnu Majah. Dishahihkan oleh Al-Albany dalam kitab shahih Tirmizi, No. 1939)

  • Solusi Ketika Merasa Ngantuk

Berikut ini beberapa solusi ketika kantuk mulai menyerang, sesuai dalam tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar RA, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَلْيَتَحَوَّلْ مِنْ مَجْلِسِهِ ذَلِكَ

“Apabila salah seorang di antara kalian mengantuk (di tempat duduknya) pada hari Jum’at, hendaklah ia berpindah dari tempat duduknya itu (ke tempat yang lain)” (HR Tirmidzi).

Dari Abu Said Al-Khudori RA, Rasulullah bersabda:

“Apabila salah seorang dari kalian menguap, hendaklah menutup mulutnya dengan tangannya karena syetan bisa masuk ke mulutnya.” Juga masih dari Abu Said al-Khudori RA, Rasulullah bersabda: “Apabila salah satu dari kalian menguap saat sholatnya hendaklah dia menahannya sebisa meungkin karena syetan bisa masuk.” (HR. Muslim)

Pada umumnya solusi paling ampuh ketika sering mengantuk ialah tidur yang cukup. Jangan lupa untuk menerapkan adab tidur dalam Islam agar tidur Anda semakin berkualitas.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan datangnya rasa kantuk pada tubuh dan cara mengatasinya menurut sunah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Segera atasi rasa kantuk Anda agar tidak bertambah parah. Semoga bermanfaat!

Sumber : Dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam