Perbedaan Dzikir dan Doa yang Perlu dipahami _* NC8

Dzikir dan doa memiliki keidentikan yang sangat mirip, karena kemiripan inilah membuat umat muslim sering salah mengartikan.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai perbedaan dzikir dan doa.

Bila dilihat dari pengertiannya jelas sangat berbeda. Doa merupakan sebuah permohonan, permintaan, penuh pengharapan kepada Allah SWT.

Orang yang berdoa biasanya mengucapkan keinginannya dihadapan Allah SWT saat sedang sholat ataupun dalam aktivitas lain.

Sedangkan dzikir ialah perilaku mengingat Allah SWT dengan mengucapkan kalimat thayyibah. Dzikir biasa dilakukan sesudah sholat.

Biasanya umat muslim melakukan dzikir terlebih dahulu sebelum memanjatkan doa.

Dzikir sendiri dibaca sebagai wujud syukur atas anugerah dari Allah SWT. Sedangkan doa dilakukan ketika seorang umat memerlukan bantuan dari Allah SWT.

Namun terkadang, dalam beberapa kondisi, bisa jadi doa menjadi lebih afdhal dibanding dzikir.

Misalnya saat seorang hamba kepepet kebutuhan yang amat mendesak, lalu ia berdoa dengan merintih, penuh kerendahan hati dan kekhusyuan.

Maka dalam kondisi seperti ini, bisa jadi doa lebih afdhal. Sebab saat itu lebih khusyu’ dalam berdoa dibanding bila ia berdzikir.

Allahu A’lam.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam