Perbedaan Habib dan Syekh yang Harus dipahami _*

Habib dan Syekh, suatu kata yang sama-sama berarti Gelar, namun ada perbedaan diantara kedua kata tersebut.

Habib

Sebuah gelar kehormatan yang diberikan kepada orang yang masih keturunan Nabi besar Muhammad SAW yang tersebar di lembah Hadhramaut, Yaman, Asia Tenggara, dan Pesisir Swahilli – Afrika Timur. D Indonesia sendiri Habib memiliki moyang yang berasal dari Yaman, khususnya Hadrhamaut.

Di Indonesia memiliki sebuah lembaga yang memang dikhusukan untuk mencatat silsilah pertumbuhan atau kelahiran yang berasal dari keturunan Habib yang bernama Ar-Rabithah. Gelar Habib sendiri tidak akan diberi secara asal, harus diselidiki benar atau tidak sesuai dengan silsilah muhibbin. Gelar Habib juga hanya diwariskan kepada keturunan berjenis kelamin laki-laki.

Syekh

Syekh atau juga bisa ditulis Syaikh, Sheik, Shaykh adalah sebuah kata yang diambil dari Bahasa Arab yang berarti kepala suku, tetua atau orang yang ahli agama. Di Timur Tengah sendiri gelar Syekh awalnya digunakan untuk orang yang lebih tua, yang mana sama artinya dengan yang ada di Al-Qur’an.

Namun seiring perkembangan zaman gelar tersebut berkembang dan digunakan kepada seorang pemimpin, tetua atau bangsawan, terutama di Jazirah Arab. Pemakaian gelar Syekh juga digunakan oleh Arab Kristen yang dimaksudkan untuk tetua atau pemimpin setempat. Hal ini menunjukan bahwa pemakaian tersebut tidak tergantung pada agama tertentu.

Sedangkan di Indonesia pemakaian Syekh disematkan kepada para muballigh keturunan Arab atau para ulama besar dan ahli agama Islam, baik yang menyebarkan ajaran berdasarkan paham Ahlus Sunnah wal Jama’ah maupun yang menyebarkan paham yang bersifat tasawuf.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?