Perbedaan Kiamat Kubro dan Sughro Dalam Islam Beserta Dalilnya _*

Percaya kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan rukun iman yang ke-5 (lima). Hari kiamat merupakan hari dimana alam semesta beserta isinya hancur.

Setiap makhluk-Nya akan melalui hari perhitungan dan mendapatkan pembalasan sesuai dengan amal perbuatannya selama hidup.

Allah Ta’ala berfirman,

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

“Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (QS. Al Hajj [22] : 7)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa ssalam bersabda:

إِنَّ السَّاعَةَ لاَ تَكُوْنُ حَتَّى تَكُوْنَ عَشْرُ آيَاتٍ: خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ، وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ، وَخَسْفٌ فِي جَزِيْرَةِ الْعَرَبِ، وَالدُّخَانُ، وَالدَّجَّالُ، ودَابَّةٌ، وَيَأْجُوْجُ وَمَأْجُوْجُ، وَطُلُوْعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا، وَنَارٌ تَخْرُجُ مِنْ قَعْرِ عَدَنٍ تَرْحَلُ النَّاسَ، وَنُزُوْلُ عِيْسَى بْنِ مَرْيَمَ

“Hari Kiamat tidak akan terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda: (1) penenggelaman permukaan bumi di timur, (2) penenggelaman permukaan bumi di barat, (3) pe-nenggelaman permukaan bumi di Jazirah Arab, (4) keluarnya asap, (5) keluarnya Dajjal, (6) keluarnya binatang besar, (7) keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, (8) terbitnya matahari dari barat, dan (9) api yang keluar dari dasar bumi ‘Adn yang meng-giring manusia, serta (10) turunnya ‘Isa bin Maryam Alaihissallam.” (HR. Muslim (no. 2901 (40)), Abu Dawud (no. 4311), at-Tirmidzi (no. 2183), Ibnu Majah (no. 4055), Imam Ahmad (IV/6), dari Sahabat Hudzaifah bin Asiid Radhiyallahu anhu dan ini lafazh Muslim. At-Tirmidzi berkata: “Hadits ini hasan shahih.” Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir dalam Tahqiiq Musnadil Imaam Ahmad (no. 16087))

Ada dua macam kiamat menurut Islam yang perlu kita ketahui, yaitu kiamat kubro dan kiamat sughro. Keduanya memiliki pengertian dan tanda-tanda yang berbeda. Berikut ini penjelasannya.

Kiamat Kubro

Kiamat kubro disebut juga dengan kiamat besar. Kiamat kubro merupakan hari dimana seluruh alam semesta dengan segala isinya hancur dan berakhir. Kemudian berlanjut ke kehidupan akhirat yang kekal.

Beberapa tanda tanda kiamat kubro antara lain:

  • Matahari terbit dari sebelah barat

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat. Maka, apabila matahari terbit dari sebelah barat, lalu manusiapun akan beriman seluruhnya. Akan tetapi, kelakuan yang demikian itu di saat tidak berguna lagi keimanan seseorang yang belum pernah beriman sebelum beriman setelah kejadian tersebut atau memang berbuat kebaikan dengan keimanan yang sudah dimilikinya itu.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Seperti yang kita ketahui bahwa matahari terbit dari arah timur. Ketika hari kiamat sudah dekat, salah satunya ditandai dengan terbitnya matahari dari sebelah barat.

  • Keluarnya Dajjal
  • Munculnya binatang besar
  • Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj
  • Turunnya Nabi Isa as.
  • Keluarnya api dari dasar bumi yang akan mengumpulkan manusia

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher onta daerah Bushra.” (HR. Bukhari no. 7118 & Muslim no. 2902)

Kiamat Sughro

Kiamat sughro disebut juga dengan kiamat kecil. Kiamat sughro merupakan berakhirnya masa kehidupan dari sebagian makhluk di dunia ini. Baik secara individu ataupun kelompok.

Berikut ini beberapa tanda-tanda kiamat kecil yang perlu Anda ketahui.

  • Meninggalnya seseorang, sebab yang bernyawa pasti akan mati.
  • Terjadinya bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus, gempa bumi dan tsunami yang menimbulkan korban jiwa.

Begitu dahsyatnya hari kiamat sehingga sangat penting bagi kita untuk tetap istiqomah dalam Islam dengan melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi-Nya.

Itulah perbedaan antara kiamat kubro dan kiamat sughro yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat meningkatkan keimanan kita terhadap datangnya hari kiamat sehingga bertambahnya iman kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Aamiin insya Allah.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?