in ,

Perebutan Pengaruh Setan dan Malaikat terhadap Manusia    _*

Setan melakukan berbagai upaya sesatkan umat manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Malaikat sempat bertanya tentang alasan mengapa  Allah SWT ciptakan manusia yang di dalam alquran surat Al Baqarah ayat 30 manusia ini disebut Khalifah. Pertanyaannya siap itu malaikat dan apa dia kerjakan? 


وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ


“ Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata, “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”  


Dalam tafsirnya Al-Azhar Prof Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) menjelaskan siapa itu malaikat dan apa pekerjannya. Tuhan menyebut di dalam Alquran tentang adanya makhluk Allah bernama Malaikat. “Disebutkan pekerjaan atau tugas mereka,” tulis Buya Hamka.


Buya Hamka menerangkan tugas malaikat satu dengan malaikat satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Ada malaikat yang tugasnya mencatat amalan makhluk setiap hari, dan mencatat segala ucapan, ada yang membawa wahyu kepada rasul-rasul dan nabi-nabi. 


Ada yang menjadi duta-duta (safarah) yang memelihara Alquran, ada yang memikul Arsy Tuhan, ada yang menjaga syurga dan yang menjaga neraka, dan ada yang siang dan malam. Ada malaikat tugasnya berdoa, memuji-muji Allah dan bersujud, dan ada pula yang mendoakan agar makhluk yang taat diberi ampun dosanya oleh Tuhan.


“Dan banyak lagi yang lain. Tetapi Tuhan Allah tidak menyebutkan dari bahan apa ,alaikat itu dijadikan,” katanya.


Dan tersebut juga bahwa ada malaikat itu yang menyatakan dirinya, sebagai yang datang mebawakan ilham kepada Maryam bahwa dia akan diberi putra, atau yang kelihatan oleh Nabi kita Muhammad SAW, seketika beliau mula-mula menerima wahyu. Dan disebut juga ada malaikat itu yang bersayap, dua-dua, tiga-tiga, dan empat-empat. 


“Orang-orang di zaman jahiliyah mencoba menggambarkan malaikat itu sebagai manusia dan merekapun menentukan jenisnya, yaitu perempuan,” katanya.   



Sumber : republika.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by Cara Berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings