Perusahaan Harus Perhatikan Ini Jika Ingin Bisnisnya Terus Moncer _*

VIVA – Isu penyelamatan dan penciptaan lapangan kerja menjadi sangat mendesak di masa Pandemi COVID-19 saat ini. Namun ditegaskan, kesinambungan bisnis dan keselamatan di tempat kerja harus tetap ditekankan, untuk menciptakan ketahanan bisnis dalam jangka panjang.

Direktur International Labour Organization (ILO) untuk Indonesia dan Timor Leste, Michiko Miyamoto mengatakan, adaptasi dalam bisnis di masa pandemi COVID-19 menjadi sangat penting. Para pelaku bisnis perlu mengambil langkah aktif, dengan melakukan identifikasi tantangan dalam menghadapi krisis yang terjadi, serta identifikasi kekuatan yang bisa lakukan di masa pemulihan COVID-19.

ILO menurutnya, mendukung Pemerintah Indonesia dan mitra sosial dalam penetapan pedoman nasional pencegahan COVID-19 di tempat kerja. Berdasarkan pedoman nasional dan praktik baik internasional. 

“Kemampuan untuk menilai risiko bagi perusahaan penting untuk menavigasi strategi bisnis, terutama dalam masa pandemi ini, ujar Michiko dalam Webinar Geliat Bisnis di Era Pandemi: Navigasi dan Manuver Usaha, Kamis, 14 Oktober 2021.

“Pemerintah juga memainkan peranan penting, tidak hanya menjawab krisis, tapi juga membuat landasan perbaikan di masa yang akan datang, khususnya mengenai kesehatan dan keselamatan kerja. Misal menggali pelaksanaan PP No 5 Tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko,” tambahnya.

Sementara itu, Minister for Economic and Development Affairs, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Masato Usui menerangkan, keberlanjutan bisnis di tempat kerja menjadi suatu tantangan tersendiri di banyak negara, termasuk Jepang dan Indonesia.

Karena itu, sejumlah cara baru dalam bekerja dilakukan. Lalu meningkatkan pentingnya kesehatan serta keselamatan di tengah pandemi COVID-19 dapat mendorong perekonomian negara. 

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?