PIP Makassar Genap Satu Abad, Ini Harapan Kemenhub _*

VIVA – Pusat Pendidikan pelayaran Makassar yang saat ini bernama Pelayaran Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP), genap 100 tahun hari ini. Kontribusi PIP melahirkan sumber daya manusia (SDM) pelaut yang andal tidak diragukan, sehingga dapat memajukan bidang transportasi laut dan logistik di Tanah Air.

Perayaan Satu Abad PIP Makassar yang sederhana namum hikmat, dan penuh dengan makna pun digelar sekaligus dengan Dies Natalies 100 Tahun PIP Makassar. Lembaga pendidikan ini pun mendapat Rekor Muri sebagai Sekolah Pelayaran Tertua di Indonesia, 

Dalam sambutannya Sekertaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono mengucapan selamat kepada PIP Makassar yang telah melaksanakan pendidikan pelaut di Indonesia yang saat ini merupakan revitalisasi Satu Abad Pendidikan Pelayaran di Indonesia. 

“Sejarah mencatat bahwa pelaut Indonesia adalah pelaut tangguh yang telah mencapai berbagai belahan dunia. Mulai dari sejarah Majapahit, Sriwijaya, hingga Samudra Pasai adalah bukti jika pelaut Indonesia adalah pelaut yang luar biasa. Karena para Taruna dan Taruni yang ada di Perguruan Tinggi Kemenhub harus bisa mempertahankan hal tersebut,” kata Djoko, dikutip dari keterangannya, Kamis, 14 Oktober 2021.

Untuk itu, tambahnya, dalam rangka memperingati 100 Tahun PIP Makassar, menjadikan institusi ini menjadi salah satu satu sejarah upaya RI membangkitkan kejayaan Indonesia, khususnya sebagai Poros Maritin dunia.

Baca juga: ITDC Gandeng TBIG Bikin Work From Bali di Nusa Dua Makin Asyik

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Capt A Arif Priadi menyampaikan, sektor transportasi laut dan sektor logistik di Tanah Air tidak bisa dipisahkan dengan pemenuhan SDM transportasi. Yang selama ini menjadi perhatian dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui BPSDMP.

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?