Pixel 6 Bakal Lebih Menarik Dibanding iPhone 13, Masa Sih? _*

Jakarta

Setelah Apple merilis iPhone 13, Google bakal meresmikan kehadiran Pixel 6 (dan Pixel 6 Pro). Mungkin ponsel baru Google ini bakal lebih menarik dari iPhone 13.

Bukan, ini bukan berarti iPhone 13 (varian manapun) tidak menarik. Ada beberapa peningkatan di iPhone 13 dibanding iPhone 12. Misalnya layar 120Hz (khusus seri Pro), atau kamera yang lebih baik, dan tentu daya tahan baterai yang lebih baik.

Namun peningkatannya terbilang minor dibanding iPhone 12, sehingga mungkin jajaran iPhone 13 baru itu tak lagi menarik untuk pengguna iPhone 12 (atau bahkan iPhone 11).

Di sisi lain, Google punya beberapa hal baru di Pixel 6 yang tampaknya merupakan peningkatan signifikan dibanding Pixel 5. Terlebih lagi, Pixel 5 adalah salah satu lini Pixel yang paling tak impresif, utamanya karena pemakaian prosesor Snapdragon 765G, bukan chip flagship seperti Pixel seri lainnya.

Sejauh ini Google baru membanggakan system on a chip (SoC) yang dipakai di Pixel 6, yaitu SoC bikinan sendiri bernama Tensor. Artinya Google tak lagi bergantung pada pasokan chip dari Qualcomm di Pixel 6.

Google menyebut Tensor adalah inovasi paling besar Google sejauh ini. Didesain oleh para engineer Google dan dibuat khusus untuk Android, sama seperti yang dilakukan Apple dengan deretan chip seri A-nya.

Performanya memang masih dirahasiakan, namun yang jelas Google berjanji Tensor bakal bisa bersaing dengan chip lain yang ada saat ini. Mungkin juga bisa bersaing dengan chip seri A buatan Apple.

Penggunaan Tensor ini juga membuat Pixel 6 bisa mendapat dukungan software lebih lama, begitu juga dengan dukungan keamanan. Berbeda dengan penggunaan chip Qualcomm seperti Pixel generasi sebelumnya, yang hanya didukung selama tiga tahun (Pixel 6 bakal mendapat dukungan software selama enam tahun).

Selain SoC, ada juga Android 12 yang punya sejumlah fitur baru yang menarik. Google juga menjanjikan Pixel 6 bakal memanfaatkan AI dalam penggunaan sehari-hari, bahkan menjadi ponsel paling AI dalam sejarah Pixel.

AI ini bakal dipakai di berbagai hal, seperti komputasi fotografi ataupun penerjemahan teks atau suara yang lebih baik.

Namun iPhone 13 bakal tetap punya keunggulan tersendiri di Indonesia dibanding Pixel 6. Keunggulannya adalah iPhone 13 bakal hadir secara resmi, sementara Pixel 6 tidak.

Simak Video “Pengumuman! Google Rilis Pixel 6 pada 19 Oktober
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

Sumber : detik.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin