Pulau Jawa Dilanda Fenomena Alam

VIVA – Pekan besok, Matahari akan berada tepat di atas Pulau Jawa, yakni mulai 8 Oktober hingga 14 Oktober 2021.

Fenomena terjadi karena sumbu rotasi Bumi yang miring 66,6 derajat terhadap ekliptika, membuat Matahari tidak selalu berada di atas garis khatulistiwa, melainkan berada di lintang 23,4 derajat LU hingga 23,4 derajat LS. 

Menurut peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangeran, dampak dari fenomena ini adalah ketika tengah hari tidak ada bayangan yang terbentuk dari benda tegak tak berongga, seperti tongkat, tiang, dan lain sebagainya. 

Hari Tanpa Bayangan.

“Fenomena ini disebut juga sebagai Hari Tanpa Bayangan di Pulau Jawa. Selain itu, saat tengah hari, ketika sinar Matahari tegak lurus ke permukaan Bumi, intensitas radiasi Matahari akan maksimal.

Sehingga, ketika tutupan awan sangat minim, suhu permukaan bumi saat siang hari akan maksimum,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Tekno Minggu 10 Oktober 2021.

Andi mengimbau masyarakat yang terdampak agar tidak panik. Mereka harus membuat tubuh selalu terhidrasi dengan baik, dan menggunakan alat pelindung seperti tabir surya, payung, topi ataupun alat pelindung lainnya. 

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?