Puncak Hujan Meteor Leonid Malam Ini! Cek Waktu Mulainya

Puncak Hujan Meteor Leonid Malam Ini! Cek Waktu Mulainya




Jakarta

Puncak hujan meteor Leonid akan terjadi malam ini pada Jumat, 17 November dan Sabtu, 18 November 2023. Fenomena ini merupakan hujan meteor kedua yang mencapai puncaknya di bulan November 2023.

Menurut Live Science, fenomena hujan meteor Leonid telah berlangsung mulai 3 November-2 Desember 2023. Kemudian akan mencapai puncaknya pada tanggal 17-18 November 2023.

Hujan meteor ini akan menampilkan 15 meteor per jam yang melaju dengan kecepatan 71 km/det. Sebenarnya, dari mana asal hujan meteor Leonid ini?


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tentang Hujan Meteor Leonid

Hujan meteor Leonid berasal dari sisa debu komet Tempel-Tuttle tampak datang dari arah rasi Leo. Leonid adalah salah satu hujan meteor tertua yang pernah tercatat dalam sejarah tepatnya pada tahun 902.

Para pengamat di China mencatatkan peristiwa hujan meteor Leonid ini sebagai “bintang yang jatuh bak hujan”. Pengamatan pada tahun yang sama juga dilakukan oleh pengamat di Mesir dan Italia.

Waktu Mengamati Puncak Hujan Meteor Leonid

Menurut Planetarium Jakarta dalam Instagram resminya @planetariumjkt, waktu puncak hujan meteor Leonid akan terjadi pada Jumat, 17 November dan Sabtu, 18 November pukul 00.21 WIB hingga 05.00 WIB.

“Puncak Hujan Meteor Leonid terjadi pada tanggal 17-18 November 2023. Hujan Meteor ini dapat diamati dari tanggal 6-30 November 2023 pada tengah malam hingga menjelang Matahari terbit,” tulis Planetarium dalam akun resminya dikutip Jumat (17/11/22023).

Cara Mengamati Hujan Meteor Leonid

Hujan meteor Leonid dapat disaksikan dari Indonesia. Pengamat langit dapat mengamati fenomena ini dari belahan bumi utara dan selatan setiap tahunnya setelah lewat tengah malam sampai jelang dini hari.

Jika kamu ingin mengamati hujan meteor, maka carilah lokasi yang gelap dan tidak terkontaminasi polusi cahaya. Gunakan planisphere atau peta bintang baik yang dicetak maupun dalam bentuk aplikasi untuk menemukan arah datang hujan meteor.

Lakukan pengamatan saat hujan meteor mencapai puncaknya. Kamu bisa mulai mengamati hujan meteor Leonid sehari sebelum sampai sehari sesudah puncak hujan meteor.

Simak Video “Fenomena Hujan Meteor Perseid di Langit Balkan
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nah)



Source : www.detik.com
Alhamdulillahi Robbil Aalamiin, Allohumma Sholli Ala Rosulillah Muhammad Warhamna Jamii’a.

What do you think?

Written by admin