RI Punya Super Immunity, Berapa Banyak Sih Warga yang ‘Kebal’ COVID-19? _*

Jakarta

Penambahan kasus COVID-19 harian Indonesia terus melandai. Per Kamis (21/10/2021), kasus terkonfirmasi bertambah 633 kasus. Sebelumnya, puncak lonjakan kasus di bulan Juli pernah mencapai 56 ribu kasus per hari. Melandainya angka kemudian disebut-sebut menjadi tanda Indonesia mendekati herd immunity.

Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono, mengatakan Indonesia bahkan memiliki super immunity. Hal itu berarti ketika masyarakat mendapatkan imunitas natural yang berasal dari vaksinasi dan infeksi virus itu sendiri.

Lebih dari itu, Pandu mengatakan Indonesia unggul dalam penanganan pandemi dari sejumlah negara tetangga. “(Keadaan) pandemi di Indonesia itu sebuah miracle. Banyak negara lain ingin belajar kepada kita, apa rahasianya, katanya,” ucap Pandu.

Pandu menjelaskan tidak ada rahasia, semua dilakukan secara terbuka. Ia pun menyampaikan hasil studi yang mengungkap bahwa 44 persen warga Indonesia sudah memiliki imunitas.

“Hasil survei pada Maret menunjukkan 44 persen penduduk Indonesia sudah punya antibodi. Sebagian besar antibodi ini akibat terinfeksi karena pada Maret itu vaksinasi belum banyak, hanya pada nakes dan pejabat publik,” jelas Pandu.

Survei yang dilakukan di Jakarta pada 5.000 partisipan itu dikatakan Pandu merepresentasikan seluruh populasi Indonesia. “Jadi apapun yang kita lakukan dari hasil sampel yang sudah dianalisis dengan benar itu hasilnya mencerminkan kondisi di populasi,” lanjut dia.

Pandu menambahkan, imunitas yang terbentuk di Indonesia dihasilkan dari vaksinasi, infeksi virus itu sendiri, dan kombinasi keduanya.

“Kalau kombinasi, itu artinya super imunitas atau sangat bagus imunitasnya. Jadi orang yang pernah terinfeksi kemudian vaksinasi itu diharapkan bisa mengatasi semua varian yang ada termasuk Delta atau varian baru yang mungkin akan datang,” pungkas Pandu.

Simak Video “Epidemiolog: Jakarta akan Sulit Mencapai Kekebalan Komunal
[Gambas:Video 20detik]
(naf/sao)


Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?