Ricuh Tinju PON Papua Berakhir Damai

Jakarta, CNN Indonesia —

Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Yunus Wonda memastikan ricuh yang terjadi di sasana tinju PON Papua 2021 antara petinju DKI Jakarta dengan panitia pelaksana pertandingan berujung damai.

Petinju DKI, Jill Mandagie, dan anggota panitia pelaksana pertandingan yang terlibat sudah dibawa ke Polda Papua untuk dimintai keterangan lebih lanjut pada Jumat (8/10) malam.

“Mereka sudah menyeleesaikan persoalan secara baik di Polda. Mereka berdua sudah pegangan tangan dan membuat surat pernyataan disaksikan Polda,” kata Yunus kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (9/10).

Menanggapi kericuhan, Yunus menyebut PB PON sangat menyesali kejadian tersebut. Yunus berharap kericuhan yang terjadi di GOR Cendrawasih, Jayapura, tidak terjadi lagi, termasuk di venue-venue lain pada PON Papua 2021.


Banner Video Highlights MotoGP 2021

“Saya sebagai Ketua Harian dan Kami PB PON menyampaikan permohonan maaf kepada publik secara umum. Secara khusus kepada kontingen DKI dan atlet DKI yang sempat ada di keributan. Kami panitia menyampaikan permohonan maaf,” ungkapnya.

Sebagai tuan rumah, lanjut Yunus, seharusnya panitia pelaksana pertandingan tidak boleh terpancing dengan apapun yang terjadi di lapangan. Sebagai tuan rumah, menurut Yunus, panitia seharusnya bisa memberikan rasa aman, nyaman dan kedamaian bagi para tamu yang datang.

“Kami sangat tidak respek dengan peristiwa ini dan kami sebagai tuan rumah tidak boleh terpancing apapun yang terjadi kami harus bisa memberikan kedamaian dan ketertiban kepada tamu. Tidak bisa dengan cara itu [kekerasan]. Apalagi dia [atlet DKI] mainnya dengan NTT.”

“Panpel tidak boleh seperti itu. Kami harus memberikan pelayanan kepada tamu. Kepada masyaarakat Papua kami minta untuk bisa menahan diri, untuk tidak terpancing apapun biar pertandingan berjalan mengalir sesuai ketentuan, aturan dan protokol kesehatan seperti biasa, tidak perlu kita buat intervensi dan kerusuhan,” ucap Yunus.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/har)


Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?