Rumah Belanda, Contoh Hunian Ideal yang Malah Dianggap Angker _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Rumah hunian peninggalan Belanda di Indonesia lebih sering dianggap sebagai bangunan kuno yang berhantu dan angker. Padahal, rumah Belanda memiliki banyak sisi indah nan artistik yang mengagumkan.

Banyak rumah Belanda di Indonesia yang dibangun dengan arsitektur bergaya Art Deco yang digabungkan dengan gaya tropikal. Arsitektur khas Eropa yang populer sekitar tahun 1900-an dipadukan dengan gaya rumah tropikal sehingga “para meneer” bisa tetap merasa adem saat berada di dalamnya.

Rumah-rumah Belanda banyak dibangun di penjuru Indonesia, mulai dari Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang dan masih banyak lagi. Di mana terdapat rumah Belanda, di situ berarti pemukiman para pejabat VOC beserta kantor-kantor pentingnya.

Di Jakarta, rumah-rumah Belanda banyak ditemukan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Beberapa ada yang dialihfungsikan menjadi restoran sampai kafe, seperti restoran Gandy Steak, Plataran, Kaum dan Starbucks.

Banyak juga rumah pejabat dan kantor pemerintahan di sekitar Menteng yang berupa rumah peninggalan Belanda, rumah dinas Gubernur DKI Jakarta di seberang Taman Suropati yang kini ditempati oleh Anies Baswedan.

Beberapa bangunan peninggalan Belanda – sama seperti bangunan peninggalan penjajah Jepang dan Portugis – ada yang masuk dalam daftar Cagar Budaya.

Daftar Cagar Budaya ini terbagi dalam lima jenis; Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya.


Rumah Dinas Gubenur DKI Jakarta, Jumat 26 Januari 2018.Salah satu sudut di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Pembagian ruangan

Saat masuk ke rumah Belanda yang eksterior dan interiornya masih terjaga, kita pasti langsung merasakan aliran udara yang baik.

Mengutip tulisan dari situs Arsitektur Indonesia, fasad rumah Belanda biasanya berupa segi empat, segi lima, atau segi enam. Pintu masuk bisa di bangun pada bagian tengah fasad, bisa juga berada di tepi kanan.

Ciri lain dari desain rumah Belanda ini adalah biasanya mempunyai dinding yang cukup tebal. Selain langit-langit yang tinggi, rancangan ini juga secara tak langsung memberikan kesan dingin ketika masuk di dalamnya, meskipun kondisi cuaca di luar panas terik.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya…

Rumah Belanda, Contoh Hunian Ideal yang Malah Dianggap Angker


BACA HALAMAN BERIKUTNYA




Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?